12 NAMA MASUK BURSA CALON WALI KOTA BOGOR 2024

Kota Bogor, HRB
BURSA bakal calon Wali Kota Bogor periode 2024 – 2029 belakangan kian ramai. Sejauh ini, paling tidak ada 12 nama yang digadang-gadang bakal maju menggantikan Bima Arya Sugiarto sebagai orang nomor satu di Kota Hujan.
Dari nama-nama yang meramaikan bursa bakal calon, masih didominasi sosok dengan latar belakang politikus dan birokrat. Hanya satu orang yang punya jejak berbeda, yaitu Raendi Rayendra. Ia adalah  Dosen Fakultas Kedokteran UIN Jakarta.
Hiruk pikuk Pilwalkot Bogor 2024 mulai kian terasa, karena beberapa bakal kandidat sudah mulai sosialisasi dengan memasang baliho di sejumlah titik strategis di Kota Bogor. Bahkan, ada satu kandidat yang rajin turun ke masyarakat dan terang-terangan menyatakan diri siap maju di kontestasi Pilkada nanti
Yang menarik, selain nama politisi lokal dan birokrat di lingkungan Pemkot Bogor, muncul pula nama Sahrul Gunawan mantan artis kelahiran Bogor, yang saat ini masih menjabat Wakil Bupati Bandung. Sahrul dilantik mendampingi Bupati Bandung, Dadang Supriatna pada 26 April 2021.
Adapun masa  jabatan Bupati Dadang Supriatna dan Sahrul Gunawan akan berakhir pada 2026 mendatang. Melihat masih cukup panjang masa jabatannya sebagai Wakil Bupati, kecil kemungkinan  Sahrul Gunawan maju di Pilwalkot Bogor 2024.
Nama baru lainnya yang muncul dalam bursa bakal calon wali kota adalah Denny Mulyadi. Saat ini ia menjabat sebagai Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Bogor.
Sebelumnya, Denny Mulyadi (Demul) menjabat Kepala Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal (BPPT-PM), yang sekarang menjadi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).
Karir Denny sebagai birokrat cukup mumpuni untuk menjadi Wali Kota Bogor. Sebelumnya, Ia  juga pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pendatan Daerah (Dispenda), yang sekarang menjadi Badan Pendatan Daerah (Bapenda).
Dalam daftar 12  bakal kandidat, muncul nama Syarifah Sopiah, Sekretaris Daerah Kota Bogor. Namun, dalam sejumlah kesempatan, Syarifah mengisyaratkan tidak maju di Pilwalkot 2024. Ia lebih memilih pensiun dan menikmati masa tuanya bersama keluarga.
Adapun bakal kandidat perempuan lain, yaitu  Rieke Diah Pitaloka. Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI dari PDIP menyatakan masih ingin menjadi anggota DPR RI. Sebab, masih banyak pekerjaan rumah (PR) di Komisi VIII yang harus dia selesaikan.
“Enggak ada rencana mas (maju di Pilwalkot Bogor 2024). Teman-teman yang lain aja (yang maju). Masih banyak PR yang harus diselesaikan di DPR,” ujar Diah Pitaloka dikutip dari Pojoksatu.id, Kamis, 3 Agustus 2023.
Dari  12 orang bakal calon wali Kota Bogor, sosok Dedie A. Rahim yang paling santer disebut bakal menggantikan Bima Arya. Selain sebagai calon petahana, Bima Arya juga begitu terbuka memberi dukungan terhadap Dedie Rachim, yang saat ini menjadi Wakil Wali Kota Bogor.
“Peluang Dedie Rachim untuk menjadi next wali kota terbuka lebar. Selain mendapat endorse (dukungan) dari Bima Arya, posisinya sebagai calon inkumbent tentu kelebihan yang tak dimiliki calon lain,” ucap Direktur Eksekutif Lembaga Pengamat Kebijakan Publik (LPKP), Rahmatullah kepada Rakyat Bogor, Kamis, 3 Agustus 2023.
Secara elektabilitas, merujuk hasil survei atau polling sejumlah lembaga, Dedie Rachim saat ini selalu menempati urutan teratas. Adapun kandidat lain yang memiliki elektabilitas tinggi adalah Atang Trisnanto, Ketua DPRD Kota Bogor dan Yane Adrian, Ketua TP PKK yang juga istri Bima Arya.
Menarik disimak, elektabilitas Atang selalu membayangi Dedie yang berada di urutan pertama. Hasil survei terbaru Charta Politika, elektabilitas Dedie cenderung stagnan. Sedangkan elektabilitas Atang terus naik, sehingga peluang Atang untuk menyalib Dedie terbuka lebar.
Adapun kandidat lain yang berasal dari partai politik, seperti Ketua DPD Partai Golkar Rusli Prihatevy dan Jenal Mutaqin, Wakil Ketua DPC Partai Gerindra, masih harus kerja keras untuk mendongkrak elektabilitasnya.
“Tapi hasil Pemilu dan Pilpres 2024 akan menentukan tingkat keterpilihan calon wali kota. Kandidat dari partai bisa memberi kejutan. Menang Pemilu, maka elektabilitasnya bakal  melonjak naik,” ucap Rahmatullah.
Untuk diketahui, Pilkada Kota Bogor 2024 akan dilaksanakan pada 27 November 2024. Namun jadwal tahapannya belum ditetapkan oleh KPU Kota Bogor.
Belum ada (jadwal tahapan Pilwalkot Bogor),” Ketua KPU Kota Bogor, Samsudin yang dikutip dari  Pojoksatu.id, Kamis 3 Agustus 2023.
Samsudin menambahkan, kemungkinan tahapan Pilkada Kota Bogor akan dimulai awal tahun 2024.
“Kalau arahan di rakord (rapat koordinasi) terakhir, tahapan pilkadanya kata Pak Sekjend dimulai di Januari 2024,” tandas Samsudin soal persiapan pemilihan calon Wali Kota Bogor nanti. (Ari)
Berikut daftar 12 bakal calon Wali Kota Bogor periode 2024 – 2029 :
1. Dedie A. Rahim, Wakil Wali Kota Bogor
2. Atang Trisnanto, Ketua DPRD Kota Bogor dari PKS
3. Jenal Mutaqin, Wakil Ketua DPRD Kota Bogor dari Gerindra
4. Rusli Prihatevy, Wakil Ketua DPRD Kota Bogor dari Golkar
5. Yane Ardian Rachman, Ketua TP PKK yang juga istri Bima Arya
6. Syahrul Gunawan, Wakil Bupati Bandung
7. Sendi Fardiansyah, Ketua Umum Kawani Bogor
8. Sugeng Teguh Santoso, Ketua Indonesia Police Watch (IPW)
9. Syarifah Sofiah Dwikorawati, Sekda Kota Bogor
10. Rieke Diah Pitaloka, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI dari PDIP
11. Denny Mulyadi, Kepala BPKAD Kota Bogor
12. Raendi Rayendra, Dosen Fakultas Kedokteran UIN Jakarta
Baca juga:  Masa Sidang Kedua 2023 Bahas Enam Raperda, Rusli Prihatevy : DPRD Jalankan Peran Legislasi