4 Desa Cair Samisade, ini kata Kasie Ekbang Citeureup

Foto : sosialisasi pelaksanaan program Samisade di Desa Gunungsari, Citeureup. Jumat (11/6/2021).(HRB)

CITEUREUP – Cairnya dana Satu Miliar Satu Desa (Samisade) dari program Bupati Bogor di beberapa desa di Kecamatan Citeureup, membuat pemerintah desa langsung ambil langkah Gerak Cepat (Gercep) guna pematangan realisasinya. Ada Empat desa yang sudah dalam proses pencairan dana tersebut, hal ini dikatakan Kasie Ekonomi dan Pembangunan Kecamatan Citeureup. 

“Untuk Kecamatan Citeureup ada 4 desa yang sudah tahap pencairan Samisade diantaranya Desa Gunungsari, Tangkil, Puspasari dan Leuwinutug, selebihnya di 8 desa lagi masih menyusul,” Kata Kasie Ekbang Kecamatan Citeureup, Yeti kepada wartawan usai sosialisasi pelaksanaan program Samisade di Desa Gunungsari, Jumat (11/6/2021). 

Dijelaskan Yeti, tahap pencairan dana Samisade terbagi menjadi Dua tahap yakni tahap Satu sekitar 40 persen dan Tahap Dua sebesar 60 persen. 

“Tahap awal 40 persen peruntukan infrastruktur seperti hotmix jalan desa. Sedangkan tahap Dua untuk Infrastruktur betonisasi jalan desa dan drainase,” terangnya.

Ia pun menjelaskan, pada pelaksanaannya setiap desa akan didampingi beberapa tim baik pendamping kecamatan hingga desa.

Baca juga:  Wacana Pembangunan Jalan Tol, Pengamat : Selamat Tinggal Jalur Puncak II

“Nanti setiap desanya ada pendamping desa, tim verifikasi dari kecamatan untuk mengawal langsung jalannya program tersebut,” jelasnya.

Seperti Desa Gunungsari Kecamatan Citeureup, mulai melakukan sosialisasi program Samisade yang menghadirkan Pihak Kecamatan, Pemdes dan RT RW.

Kepala Desa Gunungsari,  Uwes Wijaya mengatakan dalam pelaksanaannya, pihaknya melibatkan tim verifikasi kecamatan pendamping desa dan pihak desa.

“Tahap awal ini sebesar 40 persen, peruntukannya di RW 1,2,3 4 dengan realisasi hotmix jalan desa, drainase jalan desa dan betonisasi jalan lingkungan,” terangnya.

Dalam pelaksanaan tersebut, akan dilakukan pada Minggu 13 Juni mendatang dengan target 14 kerja sesuai RAB.

“Semuanya sudah berdasarkan musyawarah bersama RT RW tingkat dusun hingga desa, jadi prioritasnya yang kira-kira urgen saja. Diharapkan dengan adanya program Samisade ini ekonomi masyarakat bisa meningkat sesuai program Bupati,” Tutupnya.(Dik/AS)

Tags: , , ,