Ada Usulan Program PKBM di Musrenbang Cipambuan

BABAKAN MADANG – Pemerintah Desa (Pemdes) Cipambuan Kecamatan Babakan Madang, duduk bareng dengan jajaran pengurus Muspides setempat dan pihak kecamatan, dalam mengulas kegiatan agenda tahunan yaitu Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Desa Tahun 2022 mendatang.

Pembahasan Musrenbang Desa tersebut, dilakukan di Aula Kantor desa setempat, dengan tujuan melanjutkan kembali kegiatan infrastruktur dan lainnya, yang menjadi program rencana kerja desa ke depan.

“Pertemuan ini adalah menampung aspirasi para pengurus yang ada di Desa Cipambuan. Pembahasannya melanjutkan usulan infrastruktur maupun pemberdayaan masyarakat yang selanjutnya menjadi rencana kerja desa kedepan,” kata Sekdes Cipambuan, Mukhlis kepada rakyatbogor.net, Senin (18/10/2021).

Dikatakan Mukhlis, dikarenakan sejauh ini desanya masih belum merata dalam pembangunan infrastruktur, maka dari itu usulan-usulan para penguruspun didominasi pada infrastruktur. Namun juga ada usulan lainnya, seperti mengajukan program Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) juga diprioritaskan, karena warga Cipambuan ada beberapa warga yang kurang mampu dan berdampak pada putusnya sekolah.

“Diharapkan dengan usulan-usulan tadi, salahsatunya program PKBM, warga kami kususnya anak -anak cipambuan punya bekal pendidikan yang cukup untuk menunjang karir dan masa depan mereka,” tutupnya.

Baca juga:  Sengketa Lahan Bojong Koneng Berujung LP

Kasi Pemerintahan Kecamatan Babakan Madang, Iskandar menjelaskan untuk Desa Cipambuan hampir sama usulannya dengan desa lain, dari sebelumnya melalui pra musrenbang tingkat dusun.

“Disini pada pertemuan Musrenbangdes, kita tetapkan usulan tersebut untuk ditingkatkan pada kecamatan,” kata Iskandar.

Hasilnya infrastruktus masih mendominasi dikarenakan masih stagnan atau terhenti. Tapi masih balance, dari unsur pendidikan mengajukan PKBM yang teranggarkan baik infrastruktur terkait gedung maupun operasionalnya dan terpenting legalitas tempatnya.

“Nanti pada musrenbang kecamatan, kita usulkan kembali ke dinas terkait,” katanya.

Untuk diketahui, hadir dalam giat Musrenbang itu, Kasie Pemerintahan Kecamatan Babakan Madang, pendamping desa, jajaran Muspides antara lain Kepala Desa Cipambuan bersama para stafnya, Bhabinkamtibmas, Babinsa, ketua MUI desa, Ketua LPM, Ketua BPD, Kepala Dusun, Ketua RW/RT serta sejumlah tokoh masyarakat dan pemuda.(A)

Tags: , ,

error: Content is protected !!
Don`t copy text!