Ade Yasin, Pengelolaan ZIS Harus Maksimal

Cibinong – Pengelolaan zakat, infaq dan shodaqoh harus dilakukan dengan maksimal agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bogor.

Demikian dikatakan Bupati Bogor Ade Yasin. “Saya minta pengelolaan zakat, infaq dan shodaqoh dilakukan dengan maksimal agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bogor,” ujar Ade Yasin saat melakukan koordinasi dan evaluasi dengan 610 Unit Pengumpul Zakat (UPZ) seKabupaten Bogor tahun 2021, di Gedung Pendulum Nusantara Hall, IPC Residence & Convention, Ciawi, Selasa (23/11/21).

Dijelaskannya, pendayagunaan dana zakat, infaq dan shodaqoh dengan tepat dapat menjadi sumber kekuatan ekonomi umat yang sangat strategis. Oleh sebab itu, perlu pemaduan dan penyelarasan perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian dalam pengelolaan zakat, infak, shodaqoh dan dana sosial keagamaan lain nya dapat memberikan kesejahteraan bagi ummat.

“Dana yang bersumber dari zakat dapat juga diperuntukan untuk berbagai program seperti bantuan sosial untuk fakir miskin, yatim piatu, bencana alam dan lainnya, sehingga mendorong Pemerintah Kabupaten Bogor dalam menurunkan sosial dan kemiskinan serta peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tandas Ade Yasin.

Ade berharap kepada Baznas Kabupaten Bogor untuk terus meningkatkan kinerja dan menjadi lembaga pengelola zakat, infak dan shodaqoh yang amanah, transparan, akuntabel dan profesional, yang terus meningkatkan pelayanan kepada muzaki dan mustahik serta peka terhadap kondisi masyarakat dhuafa seperti korban bencana alam dan keluarga miskin.

Baca juga:  Antisipasi Peredaran Obat Sirup Penyebab Gagal Ginjal Akut Pada Anak, Aparat Jasinga Sisir Apotek

Ade Yasin juga menghimbau kepada para pimpinan Perangkat Daerah, para Camat, kepala sekolah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bogor agar berperan aktif mengkoordinir dan mengumpulkan zakat, infaq dan shodaqoh para pegawai di lingkungan kerja masing-masing.

“Untuk itu saya himbau kepada seluruh Aparatur Sipil Negara yang beragama Islam di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bogor agar mengalirkan zakat, infak, shodaqohnya melalui Baznas Kabupaten Bogor rutin setiap bulan,” pinta Ade Yasin.

Dalam kesempatan tersebut, Ade Yasin menyerahkan secara simbolis bantuan sarana dan modal usaha kepada mustahik yang dioperasikan panti yatim dan 1.000 paket sembako yang akan disalurkan oleh Dinas Sosial Kabupaten Bogor.

“Saya sangat berterima kasih kepada seluruh pengelola Unit Pengumpul Zakat (UPZ), yang selama ini telah melaksanakan pengumpulan zakat profesi di lingkungan ASN Pemerintah Kabupaten Bogor. Semoga zakat, infaq, dan shodaqoh yang terkumpul dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Ade Yasin.

Menurut Ade, ia harus berterima kasih atas bantuan-bantuan yang diberikan kepada masyarakat. Karena selama ini Baznas sudah bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Bogor dalam menangani bantuan terhadap korban dan sudah dikirim ke Sukamakmur. (ahp/*)

Tags: , ,