Aktivis Bogor Timur Minta Program Samisade Transparan

CILEUNGSI – Program Satu Milyar Satu Desa (Samisade) merurupakan andalan Bupati Ade yasin sebagai pembangunan desa. Namun hal ini patut diawasi dalam penyalurannya, agar tidak adanya kejanggalan dalam merealisasikan program tersebut yang ada di setiap desa-desa se-Kabupaten Bogor.

Ketua Aktivis Bogor Timur, Oskar mengatakan masyarakat berhak ikut peran serta dalam mengawasi proyek SAMISADE Kabupaten Bogor tahun 2021, khususnya media dan LSM. Sehingga hal ini dapat meminimalisir kebocoran anggaran proyek.

“Saamisade itu harus dikejarakan secara swakelola oleh TPK dan masyarakat. Tentunya dengan mempekerjakan masyarakat desa melalui padat karya,” kata Odkar kepada HRB, Rabu (07/07/2021).

Dalam pengadaan material bangunan, kata Oskar, seharusnya dilakukan pada toko material setempat. Sehingga perputaran uang ada di desa masing-masing, untuk pekerjaan cor beton dikerjakan dengan manual guna menyerap tenaga kerja lokal. Karena jika dengan cor beton pabrikan sama saja yang diuntungkan perusahaan.
Tujuan padat karya tidak akan tercapai, apalagi jika dikontrak pihak ketiga, pastinya harga lebih mahal.

Baca juga:  Kementerian ESDM Sebut Semburan Air Campur Gas Hal yang Biasa

“Kami akan mengawasi pekerjaan proyek Samisade disetiap desa. Jika ditemukan indikasi penyelewengan anggaran, maka kami tidak segan melaporkan ke APH,” tutupnya.(Gus/As)