Anggaran Terbatas, Penataan Cibinong Raya Di Hentikan

Cibinong, rakyatbogor.net – Terbatasnya anggaran membuat kelanjutan program penataan kawasan Cibinong Raya atau City Beautification Projects dihentikan dan akan dilanjutkan  pada tahun 2022-2023.

Program yang diharapkan mempercantik kawasan ibu kota Kabupaten Bogor tersebut harus terhenti karena dilakukan secara serentak oleh Pemerintah Kabupaten Bogor.

“Karena keterbatasan ang­garan harus diselesaikan satu per satu. Kita akan se­lesaikan secara bertahap, kami ingin menunjukkan bahwa wajah Ibu Kota Cibi­nong adalah wajah kota yang memang ramah, bersih dan indah,” ungkap Bupati Bogor Ade Yasin, Jumat (24/12).

Ade Yasin merinci, tahun ini Pemkab Bogor meng­gunakan anggaran daerah senilai Rp356,5 miliar untuk penataan kawasan Cibinong Raya berupa Tugu Panca­karsa, pedestrian, pening­katan kualitas jalan, penga­daan tempat sampah hingga rambu lalu lintas.

Baca juga:  Sampah Menumpuk di Jalan Cikuda Cileungsi

Penggunaan anggaran ter­sebut tersebar di empat pe­rangkat daerah. Rinciannya, Rp328 miliar pada Dinas Pekerjaan Umum dan Pena­taan Ruang (PUPR), Rp21 miliar pada Dinas Peruma­han, Kawasan Permukiman dan Pertahanan (DPKPP), Rp437 juta pada Dinas Ling­kungan Hidup (DLH) dan Rp7,3 miliar pada Dinas Perhubungan (Dishub).

Selain pembangunan di Cibinong Raya, Ade Yasin juga bakal membangun wi­layah lainnya dengan me­maksimalkan program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) dan program pembangunan melalui PUPR. “Karena kan wilayah kita sangat luas, ter­diri dari 416 desa dan 19 kelurahan. Itu juga bagian porsi pembangunan,” tandas Ade Yasin.

Pembangunan penataan yang dilakukan secara serentak tersebut membuat terbengkalainya sejumlah pembangunan infrastruktur lainnya di Kabupaten Bogor. (djm)