Anisa Andiana, M.Pd : Mbah Melan Kisah Inspiratif dan Cermin bagi Guru di Indonesia

Cianjur, Rakyatbogor.net Usia senja tak membatasi semangat berbagi ilmu dari seorang pensiunan guru di Purworejo. Achmad Melan, yang akrab disapa Mbah Melan, tetap aktif mengajar matematika setiap hari melalui media sosial TikTok. Dengan usianya yang mencapai 78 tahun, Mbah Melan mengajarkan matematika secara gratis kepada siswa SD, SMP, dan SMA.

Cara mengajar Mbah Melan yang unik dan mudah dipahami berhasil menarik perhatian banyak pengikutnya. Kisah inspiratif ini mendapat banyak pujian dari warganet yang merasa terbantu dalam memahami pelajaran matematika.

Anisa Andiana, M.Pd, seorang pengajar di sekolah swasta di Cipanas Cianjur, turut mengomentari kisah inspiratif Mbah Melan. Menurutnya, Mbah Melan adalah sosok yang sangat menjiwai profesinya sebagai guru.

“Ketika kita mengajar, siswa akan lebih nyaman belajar dengan guru yang menjiwai perannya. Di usia yang sudah senja pun, Mbah Melan tetap mengisi waktu dengan mengabdikan diri sebagai guru meskipun dengan cara yang berbeda,” ujar Anisa kepada rakyatbogor.net Senin, 24 Juni 2024.

Baca juga:  Anisa Andiana, S.Pd : Tekankan Justice Educations dan Peran Orang Tua, Upaya Lindungi Korban Pelecehan di Cianjur

Anisa menambahkan bahwa pelajaran penting yang bisa diambil dari Mbah Melan adalah konsistensi terhadap profesi, yang merupakan bentuk ideal dari profesionalitas.

“Dengan melihat sosok Mbah Melan, saya berharap bisa memotivasi seluruh guru di Indonesia, khususnya di Cianjur, bahwa kebahagiaan sebagai seorang guru terletak pada seberapa besar kita bisa menjiwai peran kita. Meskipun banyak tantangan dan hambatan, kalau kita ikhlas dan menyukai profesi kita, maka penjiwaan kita akan meningkat,” lanjutnya.

Anisa juga menyoroti bahwa matematika adalah mata pelajaran yang tidak berubah dimakan waktu. “Misalnya, 1 ditambah 1 hasilnya tetap 2 dari zaman dahulu hingga kapan pun hasilnya sama dan dengan banyaknya rumus-rumus yang ada dalam pelajaran matematika. Berbeda dengan pelajaran lain seperti IPS atau bahasa yang selalu dinamis mengikuti perubahan zaman,” tutup Anisa.

Dengan semangat dan dedikasi yang ditunjukkan oleh Mbah Melan, diharapkan semakin banyak guru yang termotivasi untuk terus berkarya dan mengabdikan diri dalam dunia pendidikan, demi mencerdaskan generasi bangsa.

Tags: , , , ,