AQUA Bantu Pasokan Air Bersih ke Masyarakat Jawa Barat

AquaAQUA Bantu Pasokan Air Bersih ke Masyarakat Jawa Barat

RAKYATBOGOR.NET – Dalam sebuah aksi mulia, AQUA telah berperan penting dalam membantu pasokan air bersih kepada masyarakat Jawa Barat yang sedang mengalami kesulitan selama musim kemarau. 

Pada Rabu, 20 September 2023, warga kampung Ciletuh Lamsi dan Wates, Desa Wates Jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, menyaksikan kedatangan AQUA yang mengubah keadaan mereka yang sedang kesulitan mendapatkan air bersih.

Krisis Air Bersih Selama Musim Kemarau

Selama beberapa bulan terakhir, warga kedua kampung ini telah merasakan kesulitan mendapatkan air bersih. 

Dalam musim kemarau yang panjang, pasokan air menjadi semakin terbatas. Mereka bahkan terpaksa membeli air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka. 

Situasi ini memberikan tekanan tambahan pada masyarakat yang sudah menghadapi berbagai tantangan lainnya.

Respons AQUA untuk Kebutuhan Air Bersih

Kedatangan AQUA menjadi penyelamat bagi warga kampung Ciletuh Lamsi dan Wates. 

Air bersih yang disalurkan oleh perusahaan ini mencapai kedua kampung tersebut dengan harapan membawa kelegaan dalam kehidupan sehari-hari mereka. 

Warga kampung merasa bersyukur atas bantuan tersebut, dan ini merupakan bukti nyata kepedulian AQUA terhadap masyarakat.

Uci (62 tahun), seorang warga Kampung Ciletuh Lamsi yang bekerja sebagai tukang bangunan, dengan kuat memikul dua ember besar yang berisi air bersih dari AQUA. 

Bahkan Ia melakukan perjalanan berkali-kali untuk membawa air bersih ke rumahnya. 

Tindakan seperti ini mencerminkan seberapa berharga air bersih bagi masyarakat yang telah menghadapi kesulitan dalam mendapatkannya.

Peran Pabrik AQUA Lido

Pabrik AQUA Lido telah memainkan peran kunci dalam penyaluran air bersih selama musim kemarau ini. 

Mereka secara rutin mengirim sekitar 30.000 liter air bersih setiap dua hari ke beberapa desa sekitar yang menghadapi kesulitan serupa. 

Tidak hanya kampung Ciletuh Lamsi dan Wates, namun juga desa-desa lain seperti Gombong Onan, Ciletuh Hilir, Ciletuh Girang, Pasir Kuda, Desa Sorogol, dan Desa Cisalada.

Baca juga:  Jasinga Minim Sarana Air Bersih

Kepedulian AQUA pada Masyarakat

“Sebenarnya sarana air bersih di Desa Wates Jaya sudah cukup memadai,” ungkap Kepala Desa Wates Jaya, Rudi Irawan. 

Namun, perubahan tata ruang dan lingkungan telah menyebabkan debit air menurun selama musim kemarau. 

Oleh karena itu, bantuan AQUA sangat dihargai oleh seluruh warga desa. Mereka mengucapkan rasa terima kasih atas kepedulian AQUA dalam menyalurkan air bersih kepada mereka.

Penyaluran Air Bersih di Berbagai Lokasi

Tidak hanya di kampung Ciletuh Lamsi dan Wates, AQUA juga telah melakukan penyaluran air bersih di berbagai lokasi di Jawa Barat. 

“Daerah-daerah seperti Sukabumi, Sentul, Parung, Subang, dan Cianjur juga menerima bantuan dalam bentuk pasokan air bersih,” kata Senior External Relations Manager Danone-AQUA Wilayah Jawa Barat Murtijo.

Ini adalah bagian dari komitmen AQUA untuk membantu masyarakat yang kesulitan mendapatkan air bersih, terutama di lokasi yang jauh dari pabrik mereka.

Warga masyarakat di berbagai wilayah di Jawa Barat telah mengadopsi berbagai cara untuk mendapatkan air bersih selama musim kemarau. 

Beberapa dari mereka menggunakan ember, jerigen, tong, gerobak dengan galon-galon, dan alat lainnya. Yang terpenting adalah mereka berhasil membawa air bersih untuk memenuhi kebutuhan keluarga masing-masing. 

Tindakan AQUA dalam menyalurkan air bersih kepada masyarakat Jawa Barat yang kesulitan selama musim kemarau adalah langkah yang patut diacungi jempol. 

Mereka telah memberikan kontribusi besar dalam membantu masyarakat yang membutuhkan akses ke air bersih. 

Semangat dan kepedulian perusahaan ini tercermin dalam tindakan nyata mereka, yang telah membawa kelegaan bagi banyak keluarga di wilayah tersebut.(Zack)

Tags: ,