Arif Abdi Jadi Calon dari  Internal Partai, PAN 100 Persen Usung Jaro Ade di Pilbup 2024

Cibinong, HRB
LANGKAH Ade Ruhandi alias Jaro Ade untuk manggung di Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bogor periode 2024-2029 terlihat kian mulus. Selain dipastikan sudah mengantongi rekomendasi dari Partai Golkar, DPD PAN Kabupaten Bogor juga 100 persen menyatakan mengusung Jaro Ade di Pilbup 2024 nanti.
“Kami sudah memutuskan Jaro Ade sebagai Calon Bupati Bogor. Calon eksternal lainnya yaitu Usep Supratman sudah wafat,” ucap Ketua DPD PAN Kabupaten Bogor Arif Abdi kepada wartawan di Cibinong,  Ahad, 30 Juli 2023.
Keputusan mengusung Jaro Ade merujuk hasil Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPD PAN sebelumnya. Saat itu, ada dua nama calon eksternal yang diajukan peserta Rakerda, yaitu Jaro Ade dan Usep Supratman. Namun, seperti diketahui Usep Supratman yang juga Sekretaris DPC PPP Kabupaten Bogor dan Ketua Komisi I DPRD telah wafat pada 7 Juni 2023 lalu.
“Untuk calon internal DPD PAN Kabupaten Bogor mengusulkan nama saya sebagai Calon Bupati atau Wakil Bupati Bogor,” kata Arif Abdi.
Kendati sudah mempersiapkan diri untuk ajang kontestasi Pilbup 2024  yang akan berlangsung pada 10 November mendatang, DPD PAN tetap harus  berkonsentrasi pemenangan  pemilihan presiden (Pilpres) dan pemilihan legislatif (Pileg) di Kabupaten Bogor
Arif Abdi menceritakan,  DPD PAN akan berupaya agar bisa bersinergi dengan Partai Golkar dan lainnya untuk mengusung calon Bupati dan Wakil Bupati Bogor pada ajang Pilbup 2024 mendatang.
“Sebelumnya kami harus menang di Pileg dengan meraih 7-9 kursi DPRD Kabupaten Bogor  lalu juga menaikkan elaktabilitas sebagai calon kepala daerah, hingga sangat layak mengusung pasangan Cabup-Cawabup Bogor,” ungkap Arif Abdi.
Adapun pertimbangan mengusung Jaro Ade di Pilbup 2024, Ketua DPD PAN mengatakan bahwa hasil survey beberapa lembaga, seperti Charta Politika menempatkan elaktabiltas Jaro Ade sebagai Cabup Bogor di urutan pertama
“Ini yang kedua kalinya DPD PAN dan DPD Partai Golkar Kabupaten Bogor berkoalisi dalam ajang Pilbup Bogor. Di Pilbup 2019 kami juga mengusung Jaro Ade,” tegas Arif Abdi.
Ia menambahkan, PAN Kabupaten Bogor sudah sangat mengenal baik sosok Jaro Ade. Selain itu, pengusungan Jaro ade merupakan usulan dari bawah, baik kader maupun pengurus PAN yang ada di 40 kecamatan.
Sekretaris DPD PAN Kabupaten Bogor Permadi Dalung berharap, komunikasi dan koalisi dengan DPD Partai Golkar tetap berlangsung dalam ajang Pemilu mendatang.
“Kalau sudah diikat dalam satu koalisi, ketika kampanye dan sosialisasi ke masyarakat kan kita bisa saling mendukung karena memiliki pemahaman yang sama,” ucap Permadi.
Sementara itu, Jaro Ade mengapresiasi DPD PAN Kabupaten Bogor yang konsisten menindak lanjuti hasil Rakerda partai berlogo sinar matahari tersebut, ditengah kesibukan persiapan Pileg dan Pilpres.
“Saya berterima kasih, saya juga mengapresiasi mekanisme yang sudah dilaksanakan oleh DPD PAN Kabupaten Bogor dalam pengusungan Cabup dan Cawabup Bogor,”  katanya.
Jaro Ade mengaku akan mencari waktu dan menghubungi Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Bogor Wawan Hikal Kurdi, untuk selanjutnya bertemu dan berdiskusi dengan Ketua maupun pimpinan DPD PAN Kabupaten Bogor.
“Kami akan upayakan menyamakan persepsi antara Partai Golkar dengan PAN baik di Pileg, Pilpres maupun Pilkada, semoga ada waktu untuk ngobrol santai antara pimpinan Partai Golkar dan PAN untuk tingkat Kabupaten Bogo,” pungkas Jaro Ade.
Selain itu, lanjut Jaro Ade, pihaknya masih terbuka melakukan koalisi dengan partai politik lain, seperti PDI Perjuangan, PartaiHanura, PKS, PKB, PPP, Nasdem, Gerindra dan lainnya. (Ari)
Baca juga:  KNPI Caringin Minta Aparat Serius Sikapi Soal Gangster