Atasi Polusi Udara, DLH Segera Sidak Pabrik

Atasi Polusi Udara, DLH Segera Sidak Pabrik

Cibinong, HRB

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, Bambam Setia Aji mengemukakan, polusi udara setiap wilayah tentunya berbeda-beda. Hanya saja ada beberapa wilayah memang memiliki tingkat polusi tinggi atau diatas ambang batas seperti di kawasan Industri seperti Cileungsi dan Citeureup.

“Di Cileungsi dan Citeureup itu kan industrinya banyak, makanya tingkat polusinya sedikit di ambang batas,” ujar Bambam kepada wartawan di Stadion Pakansari, Rabu (6/9/2023). Namun begitu, untuk mengukur tingkat polusi satu wilayah perlu adanya alat yang mengukur tingkat pencemaran udara.

“Tapi di sana (kawasan industri) sih tidak ada makanya rencana kita mau beli untuk mengukur pencemaran secara mobile jadi bisa dipindahkan kemana saja, simpan di sini 24 jam jadi kelihatan,” paparnya seraya menyebut yang saat ini ada di DLH alat pengukur udaranya tidak bisa mobile khusus di situ saja dengan radius 5 kilometer.

Baca juga:  Aceng Hidayat Resmi Pimpin MPW ICMI Orwilsus Bogor 2022-2027

Namun demikian, pihaknya mulai minggu depan akan menurunkan petugas ke lapangan untuk mengecek pencemaran yang dihasilkan, misalkan oleh cerobong asap pabrik. “Jadi sesuai intruksi Bupati kita akan cek ke lapangan minggu depan, dari mulai cerobong asap sampai penanganan sampahnya,” jelas Bambam.

Setelah dicek dan diketahui berapa ambang batas polusi udara, tentunya akan ada penindakan sesuai polusi yang dihasilkan. “Kalau pelanggarannya masih rendah ada tipiring, tapi kalau pencemarannya tinggi dan sudah disidik PPNS kita baru limpahkan ke APH,” ungkapnya.

Makanya, lanjut birokrat senior yang masih menjabat Kepala Bagian Pengendalian Program Setdakab ini, dalam penindakan nanti DLH akan bekerjasama dengan Pol-PP dan Kepolisian. Selain kawasan industri di wilayah timur, sejumlah wilayah lainnya pun akan dilakukan pengecekan. “Iyah nanti akan coba keliling untuk mengecek polusi udara di wilayah-wilayah yang ada industrinya,” tandasnya. (Cky)