Bakar Sampah, Lahan Warga Terbakar

Leuwiaadeng, HRB – Sebuah lahan kebun milik warga yang berada di sisi jalan raya Sadeng, tepatnya di Kampung Kosol RT 07 RW 04, Desa Sadeng, Kecamatan Leuwisadeng, Kabupaten Bogor terbakar pada Selasa 5 September 2023 malam terbakar. Diduga api berasal dari pembakaran sampah, kepulan asap sempat mengganggu jarak pandang pengendara.

Komandan Sektor Damkar Leuwiliang, Ade Sukmayadi mengatakan, bahwa pihaknya menerima laporan daei masyarakat sekitar pukul 18. 23 WIB. 

Setibanya dilokasi kejadian,  pihaknya dengan cepat melakukan pemadaman dengan menerjunkan dua unit mobil pemadam.

 

“Ada sekitar tiga titik api yang membakar di sekitar lokasi kejadian,” ungkap Ade Sukmayadi kepada wartawan di lokasi kejadian.

Menurutnya, Penyebab kebakaran diduga api berasal dari pembakaran sampah karena di sekitar lokasi kejadian terdapat tumpukan sampah yang dibuang oleh oknum yang tidak beryanggung jawab.

“Menurut warga setempat ada yang membuang sampah biasanya tengah malam  sehingga beginilah kejadiannya. Karena panas naik kemudoan terbakar timbul api,” katanya.

Luas lahan yang terbakar, Ade Sukmayadi menyampaikan sekitar 200 meter kebun warga dan terdapat dua titik sumber api lainnya yang berada tepat disebrang jalan tersebut.

“Yang terbakar ilalang di kebun warga dan sampah tapi yang besarnya sih sampah,” katanya.

Baca juga:  Hutan Organik didapuk Jadi Kandidat Penerima Kalpataru

Pada saat proses pemadaman, pihaknya dibantu Satpol PP Kecamatan Leuwisadeng, Babinsa dan warga sekitar mengatur arus lalulintas. Karena dikhawatirkan asap nya membahayakan pengendara yang melintas bahakan sempat mengganggu arus lalu lintas lantaran berkurangnya jarak pandang pengendara.

“Kebakaran sampah itu sangat berbahaya bagi pengendara yang melintas. Alhamdulillah kami dibantu dengan masyarakat sekitar sehingga tidak ada kesulitan dalam melakukan pemadaman api hanya saja lokasinya berada di pinggir jalan raya,” katanya.

Lebih lanjut dirinya menyampaikan bahwa di wilayah Kecamatan Leuwisadeng ini sudah terjadi kebakaran lahan milik warga akibat adanya pembakaran sampah ditambah dengan kekeringan yang melanda.

“Untuk itu kami mengimbau agar tidak membuang sampah sembarangan dan jangan menabun sampah sembarangan yang dapat memicu terjadinya kebakaran,” katanya.

Sementara itu, Kanit Satpol PP Kecamatan Leuwisadeng, Cecep Tarmiji menyampaikan bahwa pihak kecamatan akan melakukan sosialisasi melalui desa untuk melakukan imbauan kepada masyarakat.

“Agar dalam situasi musim kemarau ini warga lebih berhari hati agar tidak membakar sampah sembarangan apalagi tanpa pengawasan sehingga berakibat memicu terjadinya kebakaran,” katanya. (Fex)