Hasil Musrembang Desa Sukamulya Akan Fockus Bangkitkan Ekonomi Dampak Pandemi

Rumpin – Pemerintah Desa Sukamulya menggelar Musyawarah Rencana Penbangunan Desa (Musrembang) tahun anggaran 2022. Acara berlangsung di Kantor Desa Sukamulya Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor, melibatkan aparatur pemerintah kecamatan setempat.

Dari informasi yang berhasil di himpun, berbagai usulan masyarakat dari perbaikan infrastruktur jalan, perbaikan gedung sekolah, penerangan jalan umum (PJU) dan peningkatan ekonom dampak pandemi Covid 19.

“Musrembang tingkat desa ini untuk menampung usulan dari semua masyarakat. Kalau desa berpacu pada penggunaan Dana Desa (DD) Permendes tahun 2021, penekan pada peningkatan ekonomi dampak pandemi Covid 19, “ungkap Iip sekertaris Desa Sukamulya. Jumat 12 November 2021.

Ia menjelaskan, dalam program Siskeudes (Sistem Keuangan Desa) ada pencapaian beberapa poin yang harus dijalankan. Kemudian, usulan yang masuk dalam alokasi anggaran kewenangan desa akan di masukan dalam APBDes.

Menurutnya, alokasi DD sasarannya perbaikan ekonomi dari dampak pandemi kemudian penanggulangan bencana alam dan sarana infrastruktur yang mendukung peningkatan ekonomi di masyarakat desa.

Baca juga:  Aktivitas Galian PDAM di Ciawi Ganggu Pengguna Jalan

“Usulan yang bukan kewenangan desa nantinya akan di input ke SIMRAL yang nantinya akan di lanjutkan ke Musrembang Kecamatan. Nanti, input dalam aplikasi IFD yang masuk dalam pembiyaan oleh pemerintah Kabupaten atau Provinsi” “papar.

Sementara itu, ketua LPM Desa Sukamulya Badrudin mengutarakan, kerusakan infrastruktur jalan Leuwiranji menuju Kecamatan Gunung Sindur berdampak pada rumah warga yang kerap kebanjiran karena drainase yang mampet dan jembatan Leuwiranji yang sudah sangat memprihatinkan itu di keluhkan warga.

“Saya mewakili warga yang terkena dampak kondisi jalan rusak, rumah warga di sekitaran jalan rusak terdampak genangan lumpur yang ter bawa air dari badan jalan rusak, karena aliran drainase yang tertutup, sehingga air tumpah ke rumah-rumah warga, “tandasnya. (yan)