Baru Tiga Bulan, Jalan Samisade di Cadas Ngampar Rusak

SamisadeJalan yang dibangun dari dana Samisade di Desa Cadas Ngampar Kecamatan Sukaraja.(foto: asb/hrb)

SUKARAJA, HRB – Meski belum lama dilakukan perbaikan melalui program Satu Miliar Satu Desa (Samisade), namun jalan desa di Desa Cadas Ngampar Kecamatan Sukaraja, sudah hancur. Sehingga, banyak pengguna jalan yang melintas kerap mengeluhkan hal itu.

“Baru juga diperbaiki dan belum lama, kok sudah rusak. Ini proyek seperti mubazir alias buang-buang uang Pemda saja,” kata Udin (37) saat melintas di jalan tersebut yang ditemui Rakyat Bogor, Selasa (21/6/2022).

Soal ini, Sekertaris Desa Cadas Ngampar, Didin tidak nenampik adanya jalan desa yang sebelumnya dilakukan perbaikan melalui pengaspalan atau hotmix tiga bulan lalu dari program Samisade, sudah mengalami kerusakan.

“Itu sama pak kades langsung dikomplain kala itu. Tapi, gak tau sampa saat ini belum ada respon atau perbaikan dari pelaksana kegiatan,” kata Didin kepada Rakyat Bogor, Selasa (21/6/2022).

Menurutnya, tak hanya Desa Cadas Ngampar yang mengeluhkan hal ini, tapi desa-desa lainnya juga mengalami hal serupa. Sehingga, banyak deea yang mengaku kecewa atas kualitas material dari PT.Prayoga Pertambangan Energi (PPE).
“Seandainya Samisade ada lagi, gak bakalan mau pake lagi,” tutupnya.

Baca juga:  Pemkab Bogor Sukseskan Sensus Penduduk Terbesar di Indonesia

Senada, Feri bendahara membenarkan jalan program samisade yang sudah rusak, meski belum lama dilakukan perbaikan. Menurutnya, sudah ada perbaikan ulang dari pihak PPE, namun kembali rusak.

“Gak lama sudah dibenerin lagi tapi rusak lagi, dan seharusnya itu dicor. Dulu mau dicor, tapi gak boleh ama Dinas PUPR, entah apa alasannya” kilah Feri yang mengaku tidak terlalu paham soal teknis.

Sekedar informasi, Diketahui dari pantauan di lapangan, ditemukan beberapa titik yang tidak sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB), seperti tidak beraturan. Sehingga Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) dan Kepala Desa harus siap bertanggung jawab.

Dari data yang ada, realisasi samisade tahap II teesebut, dengan volume 750 x 3,5 x 0, 03 meter berada di Kampung Cijulang RT 03 RW 03 atau tepatnya depan Kantor Desa Cadas Ngampar, dengan anggaran Rp.330 Juta. Namun hal itu, terkesan mubazir lantaran kualitas yang ada disinyalir asal-asalan. (Asb)

Tags: , , ,