Bau Limbah Sampah Pasar Citeureup, Perumda Pasar Tohaga Harus Bertanggungjawab

CITEUREUP.HRB

Semerawutnya tata kelola Pasar Citeureup, seperti salahsatunya pengolahan sampah yang menimbulkan dampak bau kepada lingkungan sekitar akibat limbah sampah yang dikelola Perumda Pasar Tohaga Citeureup, membut pihak desa dan tokoh masyarakat geram.

Kepala Desa Citeureup, Marwan Hermawan mengatakan, dampak dari pengolahan sampah di Pasar Citeureup sangat menganggu kenyamanan warga setempat.

“Dampaknya sangat jelas, dari bau yang ditimbulkan sangat mengganggu warga kami,” katanya, kepada rakyatbogor.net, usai menghadiri Audensi bersama Anggota Dewan, UPT Kebersihan DLH Wilayah 1 Kabupaten Bogor, bertempat di Aula Kantor Desa Citeureup, Senin (01/11/2021).

Sementara itu, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Wilayah 1 Cibinong pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, menjelaskan jika persoalan sampah di Pasar Citeureup yang menimbulkan bau terhadap lingkungan setempat, merupakan Persoalan Perumda Pasar Tohaga.

“Jadi memang belum ada solusi dari hasil pertemuan tadi. Karena yang dipersoalkan itu, dampak pengelolaan sampah dari Perumda Pasar Tohaga,” kata Kepala UPT Sampah Wilaha 1 Cibinong, kepada bogorupdate.com, usia menghadiri audensi dengan Pemdes Citeureup di kantor Desa Citeureup, Senin (01/11/2021).

Baca juga:  Pepeling Sesalkan Sampah Puncak Kian Menggunung

Sundari menjelaskan, persoalan sampah di Pasar Citeureup, sejauh ini dikelola mandiri oleh Perumda Pasar Tohaga. Karena, pihak pasar selama ini meminta penyetopan pengangkutan sampah dari pihak  UPT, dan dilakukan pengelolaan pengakutan sampah secara mandiri.

“Seharusnya Perumda Pasar Tohaga hadir pada pertemuan tadi, biar jelas titik persoalannya. Tapi besok mau ada pertemuan lagi, soalnya kaitan dengan pedagang dan sampahnya kan ada yang koordinir oleh pihak Tohaga,” terangnya.

Menanggapi ini, Camat Citeureup Ridwan Said menerangkan, jika persoalan tersebut sudah dikoordinasikan antara seluruh SKPD terkait, untuk segera dilakukan penyelesaian.

“Kita harapkan segera mungkin selesai, sesuai audiensi kemarin,” singkatnya.(ASB)

Tags: , , , , ,