Bima Arya Resmikan GOM Bogor Utara dan Selatan

Bima AryaBima Arya Resmikan GOM Bogor Utara dan Selatan

Kota Bogor, HRB – Wali Kota Bogor Bima Arya meresmikan dua Gelanggang Olahraga Masyarakat (GOM) yang ada di Kecamatan Bogor Selatan dan Utara, Rabu (21/12/2022), yang memang menjadi salah satu dari janji politiknya ketika berkampanye pada 2019 silam.

Bima yang meresmikan langsung GOM Bogor Utara meminta, agar kedua GOM tersebut dirawat dengan baik serta dalam pengelolaannya melibatkan masyarakat setempat.

“Tetapi saya menitipkan agar dirawat dengan baik oleh masyarakat. Dikelola secara profesional, tapi melibatkan warga. Saya tegaskan dikelola secara profesional tapi warga harus terlibat,” ungkap Bima.

Bima pun merasa puas melihat hasil pembangunan kedua GOM tersebut. Menurutnya dari segi lapangan sangat nyaman dan penunjangnya juga bagus. “Melihat hasil kedua GOM ini sangat bagus sekali, saya apresiasi,” katanya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kota Bogor, Herry Karnadi menyatakan, ada beberapa perbedaan fasilitas yang dimiliki GOM Bogor Utara dan Selatan. Dimana, untuk GOM Kecamatan Bogor Utara memiliki fasilitas lebih lengkap dari GOM Bogor Selatan, diantaranya lapangan olahraganya di outdoor, seperti lapangan sepakbola, bola volly dan basket, hanya lapangan bulutangkis saja yang indoor.

“Untuk GOM Selatan tahap dua nanti kami fokus pembangunan khusus indoor saja, disana ada lapangan basket, voli dan bulutangkis pada satu gedung,” ujar Herry Karnadi

Ia menjelaskan, bahwa kedua GOM ini memiliki konsep sportainment, ramah keluarga, ramah anak-anak dan ramah lansia. “Jadi orang kesini bukan hanya untuk olahraga saja tapi bisa untuk bermain, kongkow serta kuliner. Sehingga harapannya selain dapat untuk aspek kesehatan juga mendapat aspek kota cerdas dan kota sehat,” ungkapnya.

Baca juga:  Cuma Sempur yang Masih Tutup

Herry juga menjelaskan, nantinya akan ada retribusi yang dibuat untuk kedua GOM ini. Namun, selama Perda itu direvisi, GOM ini bisa digunakan free atau gratis oleh masyarakat.

Untuk mengatur penggunaan dan pemakaian GOM, pihaknya akan menyimpan satu orang staf Dispora di dua GOM tersebut. Namun pada tahun depan pihaknya akan menerima tambahan Sumber Daya Manusia (SDM) sebanyak 2 orang untuk membantu pengelolaan.

Ia juga menjelaskan, jika ingin memakai lapangan ini, datang saja ke GOM dan bertemu dengan staf Dispora, lalu nanti akan buat jadwal. “Untuk masyarakat di luar Bogor Selatan dan Utara juga boleh memakai lapangan, karena ini dibangun untuk masyarakat. Ya, tapi ikuti saja aturannya,” ujarnya.

Sementara untuk biaya sewa lapangan, lanjut Herry untuk lapangan voli pihaknya mengacu kepada lapangan GOR Pajajaran dengan kisaran Rp 50 ribu per jam.

“Kalau untuk lapang bola ada di kisaran Rp 500 ribu sampai Rp 750 ribu per dua jam, namun itu belum pasti,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Ketua KONI Kota Bogor, Benninu Argoebie berharap kedua GOM ini bisa dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat Kota Bogor. “Semoga fasilitas ini dapat dinikmati seluruh masyarakat serta menghasilkan banyak bibit baru penantang Lionel Messi di ajang sepakbola dunia,” kata Benn. */Axl

Tags: