Budidaya Sayur Hidroponik Jadi Inspirasi Warga Desa Ciangsana

Foto: Kepala Desa Ciangsana, Udin Saputra meninjau sayuran hidroponik yang dibudidayakan warganya. (Gus/AS).Hrb

GUNUNG PUTRI-Seiring perkembangan zaman dengan minimnya lahan untuk bercocok tanam,
membuat warga berinisiatip melakukan terobosan baru. Salahsatunya dengan melakukan budidaya bercocok tanaman jenis sayuran hidroponik.

Seperti halnya budidaya Hidroponik yang diberi nama “Sayur Berkat Hidroponik” telah dilakukan oleh warga di RT 01 RW 11 Kampung Pinang Desa Ciangsana, kecamatan Gunung Putri.

“Ini luar biasa, ada budidaya sayuran jenis hidroponik yang ada di salahsatu lingkungat RT desa kami,” kata Kades Ciangsana, kepada HRB, usai meninjau lokasi UMKM Sayur Berkat Hidroponik” di limgkungan RT 01 RW 11, bersama Ketua TP PKK Desa Ciangsana, Babinsa dan RT RW, Senin (23/08).

Udin menjelaskan, Pemerintah Desa Ciangsana berjanji akan mensupport petani Sayur Berkat Hidroponik ini, untuk diberikan melalui permodalan dalam mengembangkan jenis UMKM.

“Nanti kita akan kasih anggaran, bagi warga lainnya yang mau menanam sayur Hidroponik seperti ini,” jelasnya.

Baca juga:  Penjual Obat Ilegal Berkedok Toko Kosmetik Merajalela?

Udin berharap, ini menjadi Inspirasi dan menjadi UMKM yang ada di desa Ciangsana. Selain itu, dengan adanya hidroponik, tentunya harus adanya perkembangan.

“Kita akan adakan pelatihan bagi warga yang ingin bertani hidroponik. Mudah-mudahan, ini bisa di kembangkan di Desa Ciangsana,” ujarnya.

Melihat keberhasilan budidaya sayur hidroponik yang ada di salahsatu RT ini, pihaknya sangat mengapresiasi atas antusias warganya yang mau membudidayakan tanaman jenis hidroponik.

“Kelebihannya, selain bisa menjaga mutu dan kualitas sayur mayur. Kegiatan hidroponik itu pun, bisa memberikan penghasilan tambahan untuk warga nnatinya,” tutupnya.

Ketua RT 01, Samsudin berharap dengan adanya gerakan budidaya hidroponik, bisa menguasai pasar di bidang sayur mayur yang berkualitas.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada pihak desa. Ini semua karena sudah mensuport dan mengajak warga, untuk budidayakan tanaman hidroponik ini,” singkatnya.(Gus/As)