Bukit Alesano Pemandangan Menakjubkan Di Atas Gunung Salak

Foto: Pemandangan Bukit Alesano di malam hari.(HRB)

CIJERUK – Bagi sebagian masyarakat Bogor nama Bukit Alisano, Desa Cipelang Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor mungkin sudah tak asing lagi. Selain berhawa sejuk, di lokasi yang terletak di kaki Gunung Salak ini pengunjung pun bisa menyaksikan hamparan keindahan kawasan Kota Bogor dan sebagian wilayah Kabupaten Bogor tanpa terhalangi apapun. 

Pemandangan pun akan terlihat lebih menakjubkan saat malam hari. Dari atas bukit ini kawasan Kota dan Kabupaten Bogor pun berubah menjadi gemerlap lampu bak hamparan jutaan batu permata. Selain itu di tempat ini pun pengunjung dapat melihat kokohnya Gunung Gede Pangrango serta hijaunya hamparan area persawahan kawasan Cijeruk dan sekitarnya. 

Dan bagi siapapun yang datang ke tempat ini pasti akan merasakan suasana tenang, hawa sejuk pegunungan yang masih asri yang tetap bisa dirasakan meskipun berada tepat di bawah terik matahari.

Bagi yang gemar berkemah atau kemping pun tak usah khawatir jika ingin memasak atau menyeruput kopi. Karena air di tempat ini begitu segar dan bening untuk mandi ataupun dikonsumsi. 

Meski akses jalan menuju ke lokasi terbilang terjal untuk dilalui, namun itu pun hanya sekitar satu Kilometer saja. Selebihnya pengunjung akan melewati aspal yang mulus tanpa hambatan. Dan akses menuju kesana pun tidak terlalu sulit, karena hanya berjarak sekitar dua kilometer dari jalan alternatif Cihideung-Caringin atau jalur Cihideung menuju Kota Bogor. 

Baca juga:  Pelajar MAN 2 Leuwisadeng Gelar Latihan Pemulasaran Jenasah

Dengan keindahan alam yang dimiliki, maka tak heran Bukit Alesano kerap dikunjungi banyak kalangan, terutama kalangan pelajar maupun mahasiswa dari berbagai daerah. 

“Wuih tempatnya keren abis, sejuk dan segar dengan pemandangan yang menakjubkan. Ayo datang ke sini, dijamin betah dan gak mau pulang” ujar Aryani, warga Kota Bogor. 

Menurut dia, tanpa harus menambah fasilitas spot foto pun tempat ini sudah menyuguhkan sisi keindahan alam yang natural dengan banyak titik lokasi yang bisa dijadikan tempat berswafoto dengan latar belakang pemandangan indah. 

“Tempat yang recomended banget untuk melepas penat sesudah beraktivitas sehari-hari. Dan ini merupakan salah satu destinasi wisata yang harus dikunjungi”  tandasnya. 

Herman, warga sekitar yang kesehariannya berada di lokasi menuturkan, untuk berkemah di tempat ini tidak dipatok biaya. Hanya saja pengunjung sudah memahami dengan memberikan uang tips kepada warga sebagai jasa ronda malam. 

“Tidak ada biaya sama sekali, hanya saja biasanya mereka menitipkan barang bawaan yang ada di tenda ke warga, jadi warga pun ikutan begadang. Biasanya wisatawan suka memberi uang tips” jelas dia.

Namun bagi wisatawan yang akan bermalam di villa, harus membayar biaya sewa sesuai dengan harga villa atau rumah yang disewakan. 

“Itupun hanya berkisar 200 sampai 300 ribu saja permalam, dengan fasilitas yang lumayan bagus” tandasnya.(ASH)

Tags: , ,