Damar Langit Nekat Launching

Foto: Suasana Pembukaan Damar Langit.(HRB)

CISARUA – Aktivitas proyek penambahan area Resort Damar Langit diduga belum mengantongi perizinan dari dinas terkait. Namun meski diduga belum memiliki izin, resort tersebut belum lama ini telah melakukan launching. 

Terkait hal itu, Efendi Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban (Kasi Trantib) Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor mengaku belum bisa memastikan hal itu. Karena menurutnya, terkait bangunan resort masuk ke wilayah Kecamatan Megamendung.

“Masih dalam proses pengecekan. Karena  sebetulnya kalau untuk bangunan itu masuk ke Megamendung. Jadi kalau mau konfirmasi soal hal itu silahkan coba ke Kecamatan Megamendung,” tuturnya.

Terpisah, Duduh Manduh, Kepala Desa Megamendung, Kecamatan Megamendung mengatakan, mengaku belum menerima konfirmasi dari pengelola resort terkait perizinannya. 

“Kami belum mengetahui hal itu termasuk Tanda Daftar Unit Pariwisata (TDPU) nya.Tapi kami sudah melayangkan surat pemanggilan kepada pihak manajemen terkait perizinan lainnya,” terangnya. 

Bahkan lanjut dia, pihaknya menolak datang saat diundang pada kegiatan launching beberapa waktu lalu. Alasannya kata dia, pihak resort belum memiliki izin namun sudah berani menggelar launching. 

Baca juga:  Pemdes dan Warga Teluk Pinang Senang Miliki PAUD

“Kok belum melengkapi izin sudah berani launching. Makanya saya menolak hadir pada saat diundang pihak manajemen. Ya itu alasannya, mereka belum melengkapi izin,” terangnya. 

Diakuinya, sejak beroperasi pihak manajemen baru memenuhi izin lingkungan saja. Sedangkan untuk perizinan lainnya Duduh mengaku belum mengetahuinya secara persis. 

“Ya baru itu yang kami ketahui sejauh ini. Soal lainnya saya belum tahu pasti,” tandasnya. 

Sementara Deni, pihak manajemen Damar Langit  mengaku perizinan resort tengah dalam proses. 

“Sedang dalam proses perizinan di dinas terkait. Dan pastinya semua proses akan kita tempuh sesuai aturan. Dan sekarang sekarang diurus pihak UPT terkait,” tandasnya. 

Resort Damar Langit yang resmi menggelar launching pada 19 Juni 2021 lalu berlokasi di dua wilayah yakni Desa Megamendung Kecamatan Megamendung dan Desa Batu Layang Kecamatan Cisarua. (YUS)

Tags: , ,