Dedie Rachim Buka Pameran Foto Pewarta Foto Indonesia 

Bogor Tengah, HRB
WAKIL Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim membuka pameran foto Metamorfosa Bogor Dalam Bingkai 2022-2023 yang digagas Pewarta Foto Indonesia (PFI) Bogor di Gedung Perpustakaan dan Galeri Kota Bogor, Jalan Kapten Muslihat, 5 – 18 November 2023.
Foto yang ditampilkan para jurnalis foto untuk melengkapi satu naskah menurut Dedie Rachim menjadi salah satu motivasi bagi dirinya. Dengan bakat dan jam terbang, seorang jurnalis foto memiliki kepekaan dalam mengambil sudut foto dari satu momen yang mampu mewakili sejuta kata-kata.
“Para jurnalis foto memiliki kejelian dan kecepatan melihat hasil yang dipamerkan terlihat kematangannya dan bercerita tentang banyak hal, sehingga ini bisa menjadi motivasi yang menginspirasi dan dokumentasi penting bagi sebuah perkembangan daerah atau kota,” katanya.
Diakuinya sejak di bangku SD ia sudah membaca koran yang dilengkapi dengan gambar jepretan sederhana yang dihasilkan jurnalis foto dari sudut atau angle dramatis serta dinamis sehingga mempresentasikan semangat atau motivasi yang juga bisa menggugah dan menyadarkan bahwa Indonesia begitu luas karena kepekaan jurnalis foto.
Selain itu, dengan sense of situation yang dinamis para pewarta foto, kondisi yang diabadikan dalam sebuah foto akan menjadi pembanding dalam beberapa waktu ke depan dalam posisi atau angle yang berbeda. Melalui sudut pandang atau angle para pewarta foto, sambung Dedie perkembangan satu kota atau daerah akan berbeda.
“Bagi masyarakat, satu momen akan terlihat sebagai sesuatu yang biasa, namun akan berbeda jika dilihat dari sisi jurnalisme atau sisi untuk kepentingan publikasi,” jelasnya.
Dalam periode 2022-2023 yang diangkat PFI Bogor, menurut Dedie Rachim menjadi periode yang sulit bagi Kota Bogor, karena kehilangan pendapatan daerah hampir 40 persen. Sebab, mayoritas digunakan untuk penanganan pandemi Covid-19 daripada perkembangan Kota Bogor. (Ozi)
Baca juga:  Ciptakan Charging Power Panel Surya, Mahasiswa Elektro UIKA Raih Gelar Inovasi Kabupaten Bogor