Desa Wisata Cilember: Hadirkan Kearifan Lokal dan Pesona Alam Pedesaan

Foto: Para wisatawan yang sedang menikmati kearifan lokal di Desa Wisata Cilember.(HRB)

Cisarua, HRB-Kawasan Puncak Cisarua, Kabupaten Bogor dikenal memiliki banyak destinasi wisata yang menawarkan sejuta pesona keindahan alam. Namun belum banyak yang tahu jika di kawasan berhawa sejuk itu terdapat sebuah desa wisata yakni Desa Cilember.

Desa Cilember terbentuk menjadi Desa Wisata sejak tahun 2015 lalu. Predikat tersebut muncul dari inisiasi sejumlah warga yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (KSW) di desa tersebut dan bukan tanpa sebab jika desa ini menjadi salah satu desa wisata di Kecamatan Cisarua. Selain terdapat sejumlah titik lokasi yang asri untuk dikunjungi, Desa Cilember pun masih berpegang teguh pada kearifan lokal.

Ini terbukti dengan masih banyaknya ragam permainan serta budaya tradisional yang masih mudah dijumpai di tengah masyarakat setempat. Dengan banyaknya potensi yang di miliki, maka predikat Desa Wisata layak disematkan untuk desa ini. Lalu apa saja daya tarik yang dimiliki desa ini? Berikut ini sejumlah tujuan lokasi yang terdapat di Desa Wisata Cilember.

Kampung Kembang Kayu
Kampung ini berada di RT 03/03 yang hampir 75 persen warganya bekerja sebagai perajin bunga berbahan dasar limbah kayu. Di kampung ini wisatawan bisa mendapatkan edukasi dari para perajin tentang cara membuat hiasan bunga kayu yang hasilnya bisa dibawa pulang sebagai cenderamata.

Baca juga:  Pengedar Ganja Dibekuk Unit Reskrim Polsek Bojonggede

Kesenian Tari Jaipong
Tari Jaipong yang merupakan tarian khas Jawa Barat disajikan dengan cara yang berbeda. Wisatawan bisa belajar tari ini dan menari bersama para penari Jaipong di desa ini.

Baca juga:  Tiket Wisata Air Sodong Digratiskan Selama Ramadhan

Pencak Silat
Para wisatawan bisa berlatih seni bela diri asli tanah air bersama para pendekar silat yang memilki kemampuan melumpuhkan lawan dengan gerakan yang gesit serta terukur.

Kaulinan Lembur
Beragam permainan tradisional yang kini tergerus kemajuan zaman masih bisa ditemui di desa ini seperi galasin, gatrik, egrang dan sejumlah permainan lawas lainnya yang pasti lebih seru dari bermain gadget.

Selain itu masih banyak permainan dan kegiatan seru lainnya yang bisa dilakukan di desa ini seperti menangkap ikan, ngaliweut bareng, membajak sawah, serta beragam permainan seru lainnya yang bisa dilakukan bersama-sama yang kini mulai jarang dijumpai di tengah masyarakat pedesaan.

Desa yang berbatasan dengan Desa Cipayung Girang Kecamatan Megamendung ini diapit dua sungai yaitu sungai Ciliwung dan sungai Ciesek. Dan desa ini memiliki lahan persawahan yang membentang luas diantara aliran dua sungai besar tersebut.

Dengan semua potensi wisata yang menarik untuk dikunjungi, sudah barang tentu Desa Wisata Cilember menjadi salah satu tempat recommended untuk dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.(AS)