Desember 2023 Purna Tugas, Samsudin Maju ke KPU Jabar

Bogor Timur, HRB
MASA jabatan Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor periode 2018-2023 berakhir pada Desember 2023 nanti. Lima Komisioner purna tugas kurang lebih enam minggu sebelum pemungutan suara pemilu, yaitu pada 14 Februari 2024.
Ketua KPU Kota Bogor, Samsudin mengatakan, untuk melanjutkan tugas penyelenggaraan pemilihan umum, dilakukan seleksi untuk komisioner yang baru. Pendaftaran bagi Komisioner KPU Kota Bogor periode 2023-2028 sudah dibuka sejak Sabtu, 2 September 2023.
“Komisioner KPU yang Baru nanti yang melanjutkan penyelenggaraan Pemilu 2024. Silahkan bagi rekan-rekan media yang berminat menjadi komisioner untuk mendaftarkan diri. Kalau saya pribadi, karena sudah dua periode, mohon doanya untuk KPU Jawa Barat,” ucap Samsudin dalam perbincangan dengan Rakyat Bogor  sebelum Rapat Koordinasi bersama unsur media di Hotel Agria Tajur, Bogor Timur, Jum’at, 1 September 2023.
Selain Kota Bogor, lanjut Samsudin, KPU Provinsi Jawa Barat juga membuka pendaftaran bagi calon anggota di delapan  KPU kota/kabupaten lain di Jawa Barat. Pendaftaran dilakukan secara online. “Saya sudah daftar ke KPU Jawa Barat. Untuk Kota Bogor, ada tiga komisioner lama yang  maju lagi,” kata Ketua KPU Kota Bogor.
Terkait rapat koordinasi dengan unsur media, Samsudin mengatakan,   KPU terus membangun sinergi penyebaran informasi Pemilu 2024. Selain untuk mendorong peran media untuk meningkatkan partisipasi pemilih, media massa juga berperan penting dalam meminimalisasi penyebaran berita bohong alias hoaks di tengah masyarakat.
“Menjelang pemungutan suara, KPU Kota Bogor berharap sinergi dan kolaborasi yang baik dengan seluruh insan media di Kota Bogor, khususnya, dan nasional pada umumnya,” kata Samsudin.
Ia berharap, salah satu peran media massa dapat menyebarkan sosialisasi dan informasi yang valid tentang pemilu ke seluruh masyarakat, sehingga warga mau datang ke tempat pemungutan suara (TPS) pada hari H.
Selain itu, menurut Samsudin, media media membangun wawasan pemilu kepada masyarakat dan informasi tahapan-tahapan yang dilaksanakan di KPU Kota Bogor membutuhkan peran media massa sebagai wadah edukasi dan ajakan.
Adapun pelaksanaan pemilu serentak dijadwalkan akan berlangsung pada 14 Februari 2023 untuk memilih presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota, serta anggota DPD RI.
“Momentum Oemilu 2024 harus menjadi titik poin penting peningkatan partisipasi masyarakat.  KPU Kota Bogor menargetkan peningkatan partisipasi masyarakat mencapai 90 persen untuk 2024 dari 85,14 persen pada tahun 2019,” ucap Samsudin.
Ketua PWI Kota Bogor, Arie Surbakti yang menjadi salah satu narasumber dalam rapat koordinasi mengatakan, dalam perhelatan demokrasi media setidaknya memiliki tiga peran, yaitu  media informasi politik, media pendidikan politik dan media kontrol politik.
 “Posisi media ada diantara masyarakat dan penyelenggara. Media berperan penting menyampaikan informasi tahapan pemilu, mengedukasi masyarakat dalam menentukan pilihan, dan menjadi alat kontrol agar pemilu diselenggarakan dengan prinsip jujur, adil dan terbuka,” ucap Ketua PWI Kota Bogor. (Ozi)
Baca juga:  Angkat Potensi Kreativitas Pelajar, KNPI Parung Panjang Gelar Festival Seni