Destinasi Wisata Alam Tersembunyi, Curug Ciawi Tali

Foto: . Air terjun yang tersembunyi ini berada di batas kawasan Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.(HRB)

CIGOMBONG – Wilayah Kabupaten Bogor dikenal memiliki banyak tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi. Namun masih banyak pula yang belum mengetahui jika masih ada beberapa obyek wisata di Kabupaten Bogor yang masih tersembunyi dan menyimpan berjuta keindahan.

Salah satunya obyek wisata Curug Ciawi Tali yang memiliki potensi wisata alam yang indah. Air terjun yang tersembunyi ini berada di batas kawasan Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) tepatnya di Kampung Ekowisata Ciwaluh Desa Wates Jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor.

Air terjun ini menjadi salah satu destinasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Karena sebelum tiba di lokasi para wisatawan akan dibuat takjub dengan pemandangan indah alam sekitar serta sejuknya hawa pegunungan Pangrango.

“Dengan keindahan panorama alam yang dimiliki  sebelum tiba di lokasi para wisatawan akan merasa dimanjakan dengan keindahan pemandangan sekitar. Sehingga saat tiba di lokasi rasa lelah usai berjalan kaki bisa hilang” kata Irpan, pengelola Curug Ciawi Tali belum lama ini.

Dijelaskannya, untuk sampai ke lokasi tersebut bisa ditempuh melalui beberapa jalur antara lain menggunakan jalur menuju Kampung Sungapan Bohlam, Desa Srogol serta jalur Wates perbatasan Desa Wates Jaya, Cigombong – Desa Benda, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi. Atau dapat melalui informasi Pemerintah Desa Wates Jaya.

Baca juga:  Wisata Desa Kiarasari Resmi Dibuka

“Akses ke lokasi bisa ditempuh dengan berjalan kaki sekitar satu jam. Dan untuk sampai ke sana butuh tenaga ekstra serta kondisi badan yang fit. Sebab pengunjung akan berpetualang menembus area pertanian warga dan kawasan hutan lindung” ungkapnya.

Irpan menerangkan “Curug Ciawi Tali memiliki ketinggian sekitar 35 meter dan masih terbilang alami. Karena, selain dikelilingi pepohonan tinggi, lokasi curug jarang terjamah oleh wisatawan. Belum banyak yang mengetahuinya jadi situasinya benar-benar masih alami” terang Irpan.

Selain air terjun, lanjutnya, di sekitar lokasi tersebut juga terdapat tempat wisata alam lainnya yang juga tak kalah menarik untuk dikunjungi, seperti wisata river tubing (papalidan) dan camping ground.

“Makanya, bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan pemandangan yang masih alami dan kesejukan udara, silahkan datang saja ke tempat wisata ini. Sebab, di lokasi ini pengunjung bisa merasakan sensasi kopi Ciwaluh, kopi asli asal desa ini” pungkasnya.(AGS)

Tags: , ,