Didukung Dewan, Tokoh Makin PD Soal Pemekaran Bogor Selatan

Foto: Pertemuan para tokoh dari Selatan ke Gedung DPRD Kabupaten Bogor untuk menemui anggota DPRD Kabupaten Bogor, Rabu (23/06/2021).(HRB)

CIAWI – Wacana Pemekaran Kabupaten Bogor Selatan semakin bergulir. Keinginan untuk bercerai dari Kabupaten Bogor pun semakin ditunjukan dengan datangnya para tokoh dari Selatan ke Gedung DPRD Kabupaten Bogor untuk menemui anggota DPRD Kabupaten Bogor Heri Aristandi dan Beben, Rabu, (23/6/2021). 

Dalam pertemuan tersebut, Para tokoh pun menyimak cerita tentang pengalaman yang diceritakan Beben, Mantan Camat Jonggol yang bergerak dari awal untuk upaya pemekaran Kabupaten Bogor Timur. Menurut Beben, Usaha pemekaran wilayah bukan hanya urusan syahwat politik, tapi juga harus sepenuhnya memikirkan kepentingan rakyat, terutama dari segi pengalaman.

“Awalnya di Bogor timur juga masyarakat tidak paham akan pentingnya pemekaran, namun karena kami bisa menjelaskan, maka akhirnya semua bisa memahaminya” terangnya. Selain itu, lanjut dia, legalitas organisasi yang mendorong juga harus jelas, selain harus memiliki akta dari notaris juga harus terdaftar di Kesbanglinmas. 

“Proses administrasi juga harus ditempuh, bukan hanya jadi wacana saja, salah satunya Musdesus untuk dukungan dari desa-desa yang ada di wilayah Bogor Selatan. Itu juga menjadi salah satu syarat mutlak” bebernya.

Ditempat yang sama, Anggota Dewan lainnya  Heri Aristandi yang juga berasal dari wilayah Selatan menyatakan dukungan penuh terhadap pemekaran Kabupaten Bogor Selatan.

Baca juga:  KAA Bogor Raya Santuni Yatim Piatu dan Dhuafa Hingga Wakafkan Alquran

“Pada dasarnya saya selaku Dewan sangat mendukung terhadap keinginan masyarakat Kabupaten Bogor selatan untuk mekar”

Selain kedua Dewan tersebut, Rombongan juga bertemu dengan Ketua komisi 1 DPRD Kabupaten Bogor, Usep Supratman. 

Menurut Usep sebelum pemekaran seharusnya fasilitas umum juga dipikirkan terlebih dahulu, salah satu caranya adalah dengan mendorong anggaran Kabupaten Bogor untuk bisa membangun di wilayah selatan Kabupaten Bogor, semisal untuk pembangunan Rumah Sakit, gedung olah raga, terminal dan lain sebagainya.

“Untuk lahan Ibu kota juga harus dipikirkan, karena itu sangat memerlukan lahan yang luas. Dan yang terpenting adalah persetujuan Kepala desa untuk persetujuan pemekaran itu”jelasnya. 

Ia pun mengakui Bogor Selatan sebenarnya memiliki banyak potensi,  mulai dari sektor jasa sampai Industri dan lebih mumpuni.

“Jadi, selain SDM, sektor SDA juga harus sangat dipikirkan” katanya.

Ketua Presidium masyarakat  Bogor Selatan (PMBS) Muhamad Muhsin mengatakan, pertemuan dengan para wakil rakyat itu sangat memberikan manfaat untuk perjalanan Pemekaran Bogor Selatan ke Depan.

“Dalam Pertemuan ini banyak poin penting yang bisa diambil, dan menjadi acuan untuk perjalanan Pemekaran ke depan. Secepatnya akan kami realisasikan hasil pertemuanvini” tutup dia.(ash)

Tags: , , ,