Distribusi Air Bersih dari BPBD Kabupaten Bogor Dibantu Babinsa Kecamatan Kemang

Rancabungur, HRB

Anggota Babinsa 0621-21/Kemang Sertu Fred Arnold membantu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, dalam mendistribusikan bantuan air bersih, di Desa Cimulang, Kecamatan Rancabungur.

Di sela sela pemberian bantuan, Sertu Fred Arnold mengatakan, kemarau panjang mengakibatkan krisisnya air bersih di beberapa RW di Desa Cimulang, Kecamatan Rancabungur, yang merupakan wilayah binaannya.

“Kekeringan nampak pada mengeringnya sumur warga, sehingga bantuan air bersih sangat dibutuhkan, Menyikapi hal ini, Pemerintah Kabupaten Bogor berupaya untuk memberikan bantuan droping air bersih di sejumlah RW,” ujarnya kepada wartawan Senin 21/8/23.

Masih kata Sertu Fred Arnold, pengiriman air sudah sudah dua kali dari BPBD Kabupaten Bogor, sangat dirasakan langsung oleh warga di Desa Cimulang, berbondong-bondong warga membawa tempat untuk mengisi air bersih.

“Alhamdulillah sudah dikirim dua kali Oleh BPBD Kabupaten Bogor, setiap pengiriman 2 mobil tangki yang berisi 5000 liter, dan alhamdulillah untuk warga di Kampung Ciheuleut RW 02, Kampung Citapen RW 03 dan Kampung Ciakar RW04 RW 05, untuk pengiriman pertama untuk 220 kepala keluarga dan pengiriman ke dua untuk 311 kk,” jelasnya.

Sertu Fred Arnold juga menuturkan. Wujud kepedulian TNI kepada rakyat sebagaimana tertuang dalam 8 wajib TNI. Menjadi contoh dan mempelopori usaha usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya.”Karena TNI terlahir dari rakyat untuk rakyat dan oleh rakyat,” tukasnya.

Baca juga:  DPRD Segera Bahas Bangunan Liar di DAS Cikumpeni

Diketahui, terdapat tiga (3) desa di Kecamatan Rancabungur yang mengalami kekeringan akibat dari musim kemarau panjang yang terjadi belakangan ini. Sebanyak 7.500 KK mengalami dampak kekeringan tersebut.

“Untuk di Kecamatan Rancabungur ini terdiri dari 7 desa, sampai saat ini baru 3 desa yang melaporkan terjadi kekeringan di wilayahnya. Kurang lebih ada sekitar 7.500 kepala keluarga yang mengalami kekeringan,” kata Camat Rancabungur, Dita Aprillia beberapa waktu lalu.

Menurutnya, kekeringan pertama diakibatkan karena cuaca ekstrem yang tengah melanda wilayahnya. “Kedua karena dominan wilayah di Rancabungur ini adalah wilayah perkebunan, ketiga karena didominasi oleh adanya perkebunan sawit,” ujarnya.

Dita mengatakan, sejauh ini bantuan air bersih terus dibagikan. Bantuan air datang dari BPBD, Pemkab Bogor, maupun dari Polres Bogor.

“Alhamdulillah pada hari ini ada bantuan dari Polres Bogor bekerja sama dengan Tirta Kahuripan memberikan air bersih kepada warga masyarakat untuk dimanfaatkan khususnya pada hari ini mulai didistribusikan di Desa Rancabungur,” ungkapnya.

Dia berharap, bisa selalu memfasilitasi warganya untuk memenuhi kebutuhan air bersih. Ketiga desa tersebut sering jadi langganan terdampak kekeringan.

“Kami juga membutuhkan untuk bantuan untuk penyiraman tanaman karena dominan di kami adalah perkebunan. Sampai dengan saat ini ada beberapa lahan yang mengalami kekeringan juga, dan bahkan terjadi gagal panen,” imbuhnya. */Axl