DPRD: Pembangunan di Tenjo Harus Diimbangi PSU

Anggota Komisi lll DPRD Kabupaten Bogor Nurodin

Tenjo – Anggota Komisi lll DPRD Kabupaten Bogor, Nurodin mengatakan, banyaknya pembangunan perumahan di wilayah Bogor Barat, khususnya di Kecamatan Tenjo, harus juga diimbangi dengan adanya pembangunan prasarana kebutuhan umum (PSU).

Pembangunan PSU, kata Nurodin, juga sangat vital perannya bagi masyarakat. Karena, dapat menjadi penunjang bagi kepentingan warga yang ada disekitar perumahan tersebut.

“Persoalan yang paling pertama berkaitan dengan PSU muncul dari masyarakat, PSU di Tenjo sangat kurang, seperti tempat pemakaman umum (TPU) selama ini adanya baru dari masyarakat itu pun secara turun temurun,” ujarnya.

Menurutnya, sebetulnya ada kesempatan secara jelas, dengan adanya pengembang besar dan jumlah pengembang di Tenjo mencapai 11 pengembang, sudah bisa didorong membangun PSU yang mudah diakses oleh masyarakat.

“Tidak hanya dari penduduk pemukiman saja tapi masyarakat umum bisa, ini satu peluang dan ini salah satu persoalan untuk kebutuhan prasarana kebutuhan umum. Kita akan dorong supaya pengembang juga harus ikut serta,” tambah Nurodin.

Baca juga:  Gunakan Fasilitas Olahraga Wajib Sudah Divaksin

Lanjut Nurodin, persoalan kemacetan lalu lintas yang berkaitan dengan PT KAI. Pihaknya juga akan mendorong kepada Dinas Perhubungan (Dishub) dan PT. KAI, untuk membangun fly over bagi pengendara bermotor. Sehingga, bisa menjadi solusi bagi kemacetan di sekitar perlintasan pintu kereta.

“Nanti kita akan menggelar rapat pendapat dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor, bagaimana melakukan langkah-langkah kemacetan ini bisa terurai,” papar Nurodin.

Selain itu Nurodin mengatakan, karena pandemi covid 19 APD Kabupaten Bogor terjadi defisit, sekitar 1 (Satu) Triliyun, dan berpengaruh pada eksistensi perencanaan tahun sebelumnya yang harusnya terealisasi tahun 2021, akhirnya tertunda.

“Namun di Tenjo ini tidak terlalu banyak terkena refocusing. Terlebih lagi kecamatan ini berbatasan langsung dengan Provinsi Banten, sehingga wilayah perbatasan yang harus dipercantik menjadi muka perbatasan,” tandasnya. (yan)