Drainase Buruk Jalan Kemang-Parung Sering Banjir

Jalan Raya Kemang-ParungFoto : Jalan Raya Kemang-Parung.(hrb)

Kemang – Drainase yang buruk dan tak tersentuh perbaikan mengakibatkan Jalan Raya Kemang-Parung sering terendam banjir. Padahal, jalan tersebut meru­pakan jalur transportasi darat lintas provinsi.

Pantauan di lapangan (30/06/2021). Saat hujan deras, genangan air cu­kup tinggi terjadi di beberapa titik Jalan Raya Kemang. Di antaranya depan SPBU Kemang, Jalan Raya Arco Parung dan depan kantor Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemen­terian Dalam Negeri (Kemen­dagri), serta Showroom Express, Desa Kemang. Genangan air tersebut berdampak kemace­tan parah dari dua arus lalu lintas. Bahkan, kemacetan terjadi hampir satu kilometer di dua arah berbeda.

“Pemandangan seperti ini sudah sering. Apalagi kalau hujan deras, genangan air mi­rip kolam renang,” ujar Saevul Hardi, warga Kampung Jampang, Desa Jampang, Kecamatan Kemang, kemarin.

Baca juga:  Persikabo 1973 Targetkan Lolos Grup D Pra Musim

Keluhan serupa diungkapkan pemotor asal Kota Bogor, Toni Irawan (34) yang melintas di jalan tersebut. Toni  mengaku aneh melihat jalan utama yang juga jalan Nasional mengalami banjir. Ia menduga, pembangunan jalan tak diimbangi drainase yang baik.

“Dinas Bina Marga dan Peng­airan (DBMP) Kabupaten Bogor harus lebih peka ter­hadap perawatan fasilitas pu­blik. Apalagi jalan ini diguna­kan sebagai jalur transnasional antara Provinsi Jawa Barat, Banten, dan Jakarta,”  pungkasnya. (Afandi)

 

Tags: