Fasilitas Umum Jadi Tempat Pembuangan Sampah

Sampah Menumpuk di Trotoar Jalan Mayjen Edi SukmaIST: Sampah Menumpuk di Trotoar Jalan Mayjen Edi Sukma Bocimi

Caringin, HRB – Kebiasaan buruk membuang sampah sembarangan di sejumlah fasilitas umum, seperti di tepi jalan, trotoar, jembatan dan sejumlah fasilitas umum lainnya masih tetap terjadi. Padahal di beberapa lokasi tersebut terpampang jelas spanduk atau banner bertuliskan larangan membuang sampah, namun hal itu sepertinya tidak berpengaruh apapun.

“Ya mereka sepertinya warga luar desa atau luar wilayah yang sengaja buang sampah di sini. Selain warga juga banyak pengendara yang sengaja membuang sampah malam hari,” ujar Ruli, warga Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Kamis (10/11/2022).

Kata dia, tak hanya di jembatan Cimande, kondisi serupa juga terjadi di sejumlah jembatan lainnya di sepanjang jalur Bocimi, seperti di jembatan Cikalang, Jembatan Cisalopa, termasuk di jembatan Tol Bocimi atau ruas jalan Caringin – Cibadak.

Kebiasaan buruk itu pun kerap menuai keluhan dari warga sekitar. Mereka menduga, para pembuang sampah membuang ke lokasi pada jam sepi aktivitas atau saat malam dan dini hari.

“Kalau saja kedapatan ada yang buang sampah di wilayah kita, pasti kita tegur. Soalnya selain merusak pemandangan, sampah – sampah ini pun bisa berpotensi menyebabkan munculnya wabah penyakit. Kalau baunya lama kelamaan pasti tercium juga,” tandasnya.

Baca juga:  Dugaan Pungli SMAN 2 Cileungsi Dilapokan ke Kejaksaan

Ia pun berharap hal ini menjadi perhatian bagi pihak terkait. Bahkan jika perlu dibentuk satgas yang khusus menangani sampah. Dan bagi siapa saja yang kedapatan membuang sampah, maka harus diberikan sanksi baik sanksi administrasi hingga pidana.

“Aturan soal sampah kan sudah jelas, siapapun yang membuang sampah bisa dikenakan sanksi atau denda. Makanya harus ada kontrol dari pihak terkait,” pinta Erwin, warga lainnya.

Pantauan di lapangan, sejumlah jembatan menjadi lokasi pembuangan sampah pihak tak bertanggung jawab. Bahkan, sejumlah warga di kampung lainnya juga mengeluhkan wilayahnya yang menjadi TPS Seperti di Kampung Cikalang, Desa Muarajaya.

“Tiap hari sampah makin menumpuk, kalau orang sini sih kan ada TPS. Ini kayaknya sampah dari luar, orang – orang luar desa yang sengaja buang sampah ke kampung kami,” pungkas, Asep Cepot, warga sekitar.(asz)

Tags: