FISIP Unida Membangun Desa Bakti dan Wujudkan Cita Indonesia Melalui Program Kuliah Kerja Nyata Tematik

Bogor, Rakyatbogor.netPendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat adalah Tridharma Perguruan Tinggi yang harus dilaksanakan. Setelah belajar dan melakukan penelitian selama kuliah, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Djuanda (Unida) akan menerjunkan 88 Mahasiswa dari Semester 6 untuk melakukan Pengabdian Masyarakat melalui Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik yang mengusung Tema FISIP UNIDA Turut Membangun Desa Bakti dan Wujud Cita pada Indonesia selama Satu Bulan di Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor ini.

Dekan FISIP Unida Rita Rahmawati menyampaikan bahwa Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bentuk pengabdian masyarakat FISIP Unida dan memberikan kebermanfaatan dari mahasiswa dan dosen kepada masyarakat. Dekan yang akrab disapa Dekan Rara juga menyampaikan bahwa mahasiswa yang sudah belajar banyak hal di kampus, harus bisa menyelesaikan masalah di masyarakat dengan keilmuan yang sudah dimiliki dan sebaliknya, mahasiswa juga perlu belajar dari masyarakat yang sudah mengimplementasikan ilmu di lapangan.

“Mahasiswa Administrasi Publik bisa membantu bagaimana pemerintah di level RT RW dan Desa dalam mengelola keadministarsiannya dan juga memanfaatkan teknologi. Mahasiswa Sains Komunikasi bisa membantu UMKM dalam membranding dan go digital. Ada banyak yang bisa dilakukan mahasiswa di tengah masyarakat,” kata Dekan Rara, Jum’at (21/6/2024).

Baca juga:  Pengembangan Keilmuan, PR INDONESIA Group Kunjungi FISIP Unida

Wakil Dekan Akademik FISIP Unida Irma Purnamasari menyampaikan bahwa kegiatan KKN Tematik FISIP Unida akan dilaksanakan di 7 desa yang ada di Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Adapun program-program yang akan dilaksanakan adalah Penyelesaian Stunting, Wajib Belajar 9 Tahun, Penguatan UMKM dan Peningkatan Kualitas SDM Desa.

“Kami akan ajak mahasiswa menjadi problem solver di tengah masyarakat. Mahasiswa akan kami ajak untuk menggali masalah dam kebutuhan masyarakat dan mencoba menyelesaikan masalah tersebut melalui topik-topik yang sudah kami tetapkan,” ungkapnya.

Tidak hanya melaksanakan pengabdian masyarakat, mahasiswa FISIP Unida juga akan membuahkan hasil akhir berupa laporan, HAKI, Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Loka Karya.

Turut hadir dalam kegiatan Pembekalan dan Sosialisasi KKN Tematik FISIP Unida diantaranya Wakil Dekan Nonakademik Maria Fitriah, Kepala Program Studi Administrasi Publik Faisal Tri Ramdani, Kepala Program Studi Sains Komunikasi Undang Suryatna, Sekretaris Prodi Administrasi Publik Neng Virly, Kepala Lab Administrasi Publik Cecep Wahyudin dan Kepala Lab Sains Komunikasi Robby Firliandoko. (adi/*)

Tags: , , , , ,