Gunakan Samisade, Desa Cimande dan Pancawati Kompak Bangun Jalan Penghubung

Megamendung, HRB

Pemerintah Desa (Pemdes) Cimande dan Pancawati  menggunakan anggaran bantuan desa Satu Miliar Satu Desa (Samisade) tahun 2023 dengan melakukan peningkatan jalan di Kampung  Cipare, Rw 12  dengan panjang 1000 meter lebar 4 meter.

Hal yang sama juga dilakukan Desa Cimande, memanfaatkan program samisade untuk meningkatkan akses pertanian masyarakat dengan membangun jalan guna menghubungkan Desa Cimande Dengan Desa Pancawati, sehingga mampu meningkatkan mobilisasi hubungan kedua desa.

“Program Samisade ini amat sangat terbantu. Selain bisa mengangkat pertumbuhan ekonomi warga, juga dapat mempermudah mobilisasi baik kendaraan roda dua maupun roda empat. Serta aktivitas berjalan kaki lebih mudah bila didukung prasarana yang bagus. Kegiatan apa pun jadi lancar, terutama desa Pancawati yang merupakan kawasan wisata,” ujarnya.

Sementara itu Kades Cimande, Opik  Syahrudin memaparkan, pelaksanaan  launching  di lokasi pembangunan infrastruktur jalan tahap dua, tembus dari Desa Cimande ke Desa Pancawati. Pembangunan jalan berada di  kampung Tarikolot RT, 8,9 ,10  meliputi  3 RT satu RW 03, dengan panjang 800 meter dan lebar 3 meter.

Baca juga:  TP-PKK Kecamatan Harus Lebih Aktif Bina PKK Desa

“Samisade  ini  dialokasikan pada pembangunan infrastruktur jalan dan turap atau tembok penahan tanah. Program samisade ini, pekerjaan jalan tahap dua tahun 2023, dan mudah – mudahan dengan program samisade untuk membuka jalan bisa dilanjutkan  hingga ke kampung. Selain pekerjaan dan gotong royong swadaya masyarakat, pembangunan ini membuka akses  jalan untuk mempermudah dan memperlancar ekonomi dan mobilisasi. Yang tadinya jalan kaki, sekarang bisa melintas menggunakan kendaraan,” ujarnya.

Di tempat terpisah Camat Caringin Endi Rismawan menjelaskan,  pelaksanaan harus betul- betul disesuaikan dengan anggaran yang ada. Selain  kegiatan launching pembangunan jalan ini, tentu berharap sama- sama saling dapat mengawasi.

“Untuk mempermudah  dan kelancaran tentunya  dengan melalui bantuan dari pemerintah daerah  melalui program samisade kami sangat begitu Bangga kepada warga dapat melakukan gotong royong dan swadaya masyarakat  upaya yang dilakukan  kades  ingin adanya satu perubahan pembangunan di Desa Cimande jaya selain  kegiatan  berlangsung agar  data administrasi harus  betul- betul sesuai dengan RAB  sebagai bentuk bahan untuk  laporan,” tukasnya. */Axl