Harga Cabai Kembali Melonjak Jelang Idul Adha

cabaiIST: Cabai.(foto: axl/net)

Parung, HRB – Menjelang Hari Raya Idul Adha tahun 2022, harga sejumlah komoditi masih mengalami kenaikan. Salah satu komoditi yang mengalami kenaikan harga adalah cabai, yang harga di Pasar Parung menembus angka Rp 80 ribu per kilo.

Gani (50) salah satu pedagang sayur di Pasar Parung menjelaskan, harga cabai yang melonjak memang sudah terjadi sejak beberapa pekan yang lalu. “Semua jenis cabai yang ada di lapak saya memang sudah naik sejak satu minggu lalu. Dari harga Rp 70 ribu sekarang naik jadi Rp 80 ribuan per kilo nya,” ungkap Gani, Rabu (22/6/2022).

Dia menyadari, mendekati Hari Raya Idul Adha juga menjadi faktor pendukung mengapa harga komoditi khususnya cabai mengalami kenaikan yang cukup tinggi. Ditambah lagi, faktor cuaca belakangan ini yang tak menentu, menjadi pemicu juga kenaikan harga cabai.

“Cuaca sekarang lagi tidak menentu kadang hujan kadang panas, mungkin itu yang jadi faktor harga cabai naik. Kalau yang sering mendistribusikan cabai ke lapak saya, alasannya karena banyak petani cabai yang panennya gagal,” ungkapnya.

Baca juga:  Sering Macet, Pengguna Jalan Minta Petugas Urai Kemacetan di Jalur Veteran

Menyikapi hal tersebut, Kasubid Humas dan Protokol Perumda Pasar Tohaga, Defi Imanullah mengakui, jika memang benar harga komoditi cabai di beberapa pasar yang ada dalam naungan Perumda Pasar Tohaga mengalami kenaikan.

“Kami memang sudah memastikan adanya harga kenaikan cabai yang menyentuh angka Rp 75.000 per kilogram. Tapi, mudah-mudahan hal ini tidak akan bertahan lama,” tuturnya.

Defi menambahkan, kenaikan harga di sejumlah pasar yang ada di Kabupaten Bogor tak akan lama.

“Jadi memang di beberapa pasar, komoditi cabai itu ada peningkatan, untuk saat ini kita memantau dulu. Kenaikan harga tidak akan bertahan lama, sekitar 10 sampai 14 hari,” kata Defi. */Axl

Tags: , ,