Hari Bhakti Adhyaksa ke-63 dan HUT IAD ke-XXIII, Kejati Jabar Gelar Isbat Nikah Massal

Kejati JabarHari Bhakti Adhyaksa ke-63 dan HUT IAD ke-13, Kejati Jabar Gelar Isbat Nikah Massal

Bandung, HRB

Kejaksaan Tinggi Jawa Barat dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa ke-63 dan HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakarini ke-XXIII menggelar acara Nikah Massal yang diadakan di Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung pada Senin 17 Juli 2023.

Acara ini bertajuk Pelaminan Cantik ” Pelayanan Administrasi Kependudukan Isbat Nikah Terpadu”. Acara ini merupakan bentuk kerjasama pentahelix antara Kejati Jabar, Pemerintah Kabupaten Bandung, Pengadilan Agama Soreang dan Kementerian Agama Kab. Soreang.

Acara ini adalah bagian dari rangkaian acara dalam rangka Hari Ulang Tahun Jajaran Adhyaksa, Hari Bhakti Adhyaksa ke 63 dan hari ulang tahun Ikatan Adhyaksa Dharmakarini ke 23 tahun 2023.

Acara isbat nikah ini diikuti oleh 20 pasang pengantin yang sudah menikah puluhan tahun akan tetapi belum memiliki dokumen negara berupa surat nikah.

Dalam sambutanya Kajati mengatakan segala upaya, tenaga dan perhatian senantiasa dipersembahkan kepada masyarakat sebagai wujud kepedulian sesama juga bukti bahwa kejaksaan senantiasa hadir ditengah-tengah masyarakat dalam setiap program pembangunan maupun program- program sosial kemasyarakatan.

Baca juga:  Kajati Jabar Buka Musrembang Bersama Seluruh Kajari Se-Jabar

Kajati menambahkan isbat nikah yang diselenggarakan pada hari ini tentunya bukan untuk kegiatan yang bersifat seremonial saja, namun terkandung hikmah dan kemanfaatan yang lebih luas bukan hanya tentang syari’at agama namun menghasilkan kemanfaatan yang lebih luas dalam rangka pelaksanaan amanah Undang-undang Pokok Perkawinan

“Selain itu, ketentuan pendataan identitas pribadi dan keluarga, validasi data nikah serta kepentingan masa depan dalam konteks administrasi anak yang lahir dari pernikahan yang terdaftar dalam administrasi negara karena hal ini merupakan juga bagian dari penguatan dalam rangka pemilihan umum tahun 2024,” ujarnya.

Kajati Jabar menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pihak yang membantu sehingga kolaborasi pentahelix antara Kejaksaan Tinggi Jawa Barat bersama Pemerintahan Kabupaten Bandung bersinergi untuk tujuan mulia dan kemanfaatan yang luas bagi masyarakat.

Terakhir Kajati menyampaikan ucapan selamat kepada warga masyarakat yang mengikuti isbat nikah hari ini senantiasa menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah dan warrohmah.***

Tags: