Hari Sumpah Pemuda, HMR Aksi Injak Jalan Rusak Tagih Janji Gubernur Jabar

Rumpin – Himpunan Mahasiswa Rumpin (HMR), menggelar aksi long march sepanjang tiga kilometer di jalan yang rusak merupakan bagian kegiatan teatrikal. Aksi itu, dipusatkan di pertigaan Huluwarang Desa Sukasari Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, berlangsung kondusif, Selasa (28/10/21)

Ketua Umum HMR, Ibnu Sakti Mubarok menegaskan, aksi ini merupakan refleksi dari mahasiswa, pemuda dan masyarakat di Kecamatan Rumpin dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda.

“Isu pembangunan jalur khusus tambang, selama ini hanya jadi bahan basa basi dan janji politik saat pilkada. Kami HMR dan masyarakat Rumpin ingin menagih janji politik Gubernur Jawa Barat,”ungkap Ibnu.

“Selain long march dan aksi teatrikal, kami juga akan gelar orasi dalam mimbar bebas di lokasi utama aksi tagih janji politik pembangunan jalur tambang,”tambahnya.

Selain itu Ibnu mengatakan, aksi refleksi sebagai kegiatan sumpah pemuda digelar murni dari hati nurani mahasiswa dan aspirasi masyarakat di wilayah area pertambangan, yang menginginkan dibangunnya infrastruktur jalur khusus tambang.

Baca juga:  DPRD Jabar Sosiasilasi Perda RTRW

“Ini juga sebagai peringatan kepada para pejabat politik, bahwa janji politik itu hutang yang harus dilaksanakan. Janji pejabat itu adalah sumpah sakti dibawah kitab suci. Jadi jangan cuma basa basi dan janji-janji tanpa bukti,” ucapnya.

Lanjut Ibnu menyampaikan, jika tuntutanya tidak ada tanggapan baik itu dari Pemerintah Kabupaten Bogor dan Provinsi Jawa Barat, pihaknya akan melakukan aksi lebih besar ke Gedung Sate di Bandung Jawa Barat.

“Kita akan lakukan aksi yang sama, jika tuntutan kami tidak ada tanggapan. Karena aksi ini murni dari mahasiswa dan masyarakat,” tutur Sakti.

Sementara itu, Kapolsek Rumpin Kompol Dali Saputra, menambahkan, aksi mahasiwa berjalan kondusif, mereka (mahasiswa) menuntut janji gubernur jawa barat rencana pembangunan jalur kusus tambang yang belum terealisasi.

“Kami kepolisian menurunkan personil gabungan personil TNI-Polri, dan sejumlah polsek, aksi berjalan kondusif, mahasiswa juga mebubarkan diri masing-masing dengan tertib,” pungkasnya. (Yan)