Hasil Lelang Pembongkaran Plaza Bogor Diumumkan Akhir Juli

Plaza BogorPlaza Bogor
Bogor Tengah, HRB
PERUMDA Pasar Pakuan Jaya (PPJ) Kota Bogor masih menyaring peserta lelang pembongkaran Plaza Bogor. Pelaksana penbongkaran yang dipilih harus memenuhi kualifikasi yang ditetapkan dan memiliki tim ahli. Rencananya, pemenang lelang pembongkaran akan diumumkan pada akhir bulan Juli 2023 ini
Sehingga tak heran, kendati sudah kosong dan ditinggalkan para pedagang sejak Senin, 26  Juni 2023, Plaza Bogor sampai saat ini belum juga dibongkar. Bangunan yang mulai terlihat kusam itu masih berdiri kokoh.
“Kami akan menyaring peserta lelang dengan klasifikasi memiliki kualifikasi dan tim ahli. Proses pembongkaran nantinya tidak merusak bangunan dan kawasan di sekitarnya,” ucap Direktur Utama Perumda PPJ, Muzakkir Abdullah kepada wartawan, Rabu, 12 Juli 2023.
Menurut dia,  pihaknya masih melakukan sejumlah pengkajian. Sebab, proses pembongkaran harus matang. Untuk itu, Perumda PPJ juga melakukan konsultasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).
“Upaya  itu agar kami tdak salah mengambil keputusan. Insya Allah akhir bulan Juli sudah bisa tayang (hasil lelang),” kata Muzakkir.
Sbelumnya, Wali Kota Bogor Bima Arya menyebut, pihaknya tidak memiliki target waktu pembangunan New Plaza Bogor. Untuk itu, semua tahapan itu ditempuh dengan wajar semaksimal mungkin agar tetap kondusif.
“Tidak ada target. Kami tidak dikejar-kejar target.  Semua paham tahapannya dan nanti pembangunan juga bisa mengakomodir aspirasi warga sekitar,” kata Bima.
Wali Kita mengatakan, Plaza Bogor rencananya akan direvitalisasi menjadi New Plaza Bogor yang berfungsi sebagai pusat kuliner, pusat UMKM, dan gedung parkir. New Plaza Bogor akan mencakup gedung Plaza Bogor dan Pasar Bogor yang juga turut akan dibongkar akhir tahun nanti.
Konsep baru Plaza Bogor, lanjut Bima, bertujuan menghilangkan pasar kotor dari pusat kota. Gedung parkir yang nantinya dibangun akan menjadi tempat penampungan kendaraan wisatawan yang berkunjung ke Kebun Raya Bogor, kawasan Suryakencana, dan destinasi lain yang ada di pusat kota. (Ozi)
Baca juga:  Memprihatikan!! Tinggal di Gubuk, Sepasang Lansia Tak Dapat Bansos

Tags: