Hujan Deras Picu Kenaikan Tinggi Muka Air Sungai Ciliwung, Bendung Katulampa Bogor Siaga 3

KOTA BOGOR, HRB – HUJAN deras yang melanda kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat menyebabkan tinggi muka air (TMA) Sungai Ciliwung meningkat drastis hingga mencapai 90 cm per pukul 17.00 WIB. Bendung Katulampa Bogor telah diberlakukan status siaga 3 dengan debit air mencapai 113.147 liter per detik, demikian diungkapkan oleh petugas jaga Bendung, Andi Sudirman, pada Minggu (7/1/2024), pukul 17.10 WIB.

Andi Sudirman melaporkan bahwa hujan deras telah mengguyur kawasan Puncak sejak siang tadi, menyebabkan Sungai Ciliwung mencapai ketinggian 100 sentimeter dengan status siaga 3 pada pukul 16.00 WIB sebelumnya. Saat ini, tinggi muka air telah turun menjadi 90 sentimeter dengan kondisi hujan gerimis yang merata.

Baca juga:  DPRD Kota Bogor Awali 2024 Dengan Rapat Paripurna Rencana Kerja

Petugas mengimbau warga di bantaran Sungai Ciliwung, terutama di Bogor, untuk tetap siaga terhadap potensi banjir. Andi menegaskan bahwa imbauan ini tidak hanya berlaku untuk warga di Jakarta, tetapi juga bagi beberapa wilayah bantaran Sungai Ciliwung di Bogor, yang telah beberapa kali mengalami banjir saat terjadi luapan Sungai Ciliwung.

Tags: , , ,

Redaksi: Jl. Raya Sukahati No. 9, Cibinong – Bogor Telp : 0813 1839 6433 Email: redaksirakyatbogor@gmail.com, rakyatbogoriklan@gmail.com, rakyatbogorsirkulasi@gmail.com Diterbitkan Oleh: PT Pelita Media Perkasa