Jalan Wisata Gunung Pancar Kini Sering Macet

Gunung PancarAntrian panjang kendaraan roda empat dan roda dua yang sering terjadi di Jalan Wisata Gunung Pancar.(foto: cky/dok)

BABAKAN MADANG, HRB – Warga pengguna jalan mengeluhkan antrian panjang kendaraan roda empat dan roda dua yang sering terjadi di Jalan Wisata Gunung Pancar, tepatnya di simpang arah hutan pinus hingga simpang Jungleland Sentul City Desa Karang Tengah Kecamatan Babakan. Terlebih ketika di SDN 01 ada kegiatan besar, kemacetan pun makin parah.

Pantauan di lokasi pada Selasa (28/6/2022) siang, puluhan kendaraan bermotor yang melintas dari arah Kampung Babakan menuju ke arah Kampung Blok Dukuh dan arah sebaliknya terpaksa harus bersabar dalam antrian yang cukup panjang pada jam – jam sibuk, pasalnya di lokasi pusat kemacetan terdapat puluhan pedagang yang menjajakan usahanya di bahu jalan kabupaten tersebut.

Pantauan di lokasi, terlihat sejumlah petugas Hansip dan pemuda setempat turut mengurai lalu lintas agar antrian tidak mengular.dan tidak mengganggu aktivitas masyarakat yang melintas di jalan kabupaten tersebut. Sementara para pedagang dan pembeli yang lalu lalang di jalan tersebut membuat ruas jalan menjadi sempit dan hanya bisa dilalui kendaraan secara bergantian.

“Tadi sekitar jam 11 siang sampai jam 12 siang saya baru bisa keluar dari antrian kemacetan. Soalnya macetnya panjang mulai dari persimpangan Jungleland sampai pom bensin deket jembatan babakan,” kata Tohir, penjual siomay yang hendak berjualan di lapak sekolah madrasah di RW 04 Desa Karang Tengah.

Baca juga:  PT. Pulau Intan Dituding Salah Gunakan Izin Lingkungan Warga

Pemuda setempat, Yadi Nuryadin menyayangkan kondisi lalu lintas di jalan wisata tersebut yang mengalami kemacetan pada jam sibuk yang dapat mengganggu aktivitas masyarakat lainnya, selain banyaknya kendaraan yang lalu lalang juga para pedagang yang buka lapak di depan SDN 01 Karang Tengah.

“Kebetulan juga ada pentas seni di SDN 01 yang hanya setahun sekali. Tetapi lebih baik jika penyelenggara juga mempersiapkan lapak khusus pedagang supaya tidak tumpah bahu jalan, berkoordinasi kepada aparat setempat bagaimana solusi dan cara mengurai kemacetan lalu lintas demi kenyamanan bagi pengguna jalan,” harapnya.

Dihubungi Rakyat Bogor, Anggota Satpol PP Kecamatan Babakan Madang, Aris, membenarkan di lokasi tersebut sedang dilaksanakan kegiatan pentas seni kenaikan dan kelulusan SDN 01 Karang Tengah yang letak bangunan sekolah tepat berada di sisi jalan penghubung wilayah perbatasan Kecamatan Babakan Madang dan Kecamatan Sukamakmur.

“Kan itu acara kenaikan kelas setiap tahun acaranya di setiap sekolah melakukan kegiatan rutin itu. Ya harap dimaklumi aja bang kegiatan tahunan anak-anak sekolah mengapresiasikan kenaikan dan kelulusan yang diraihnya selama setahun belajar. Kalau lalu lintas bukannya kepolisian ya ?,” tulisnya melalui pesan singkat, (28/6) sore.

Dirinya mengatakan pihaknya bersama Muspides Karang Tengah dan Muspika Kecamatan Babakan Madang sudah mengetahui hal tersebut, adapun kemacetan juga hanya beberapa jam saja dan tidak berhari-hari. (Cky/**)

Tags: