Kajati Jabar Ingatkan Jajarannya Jaga Netralitas Jelang Pemilu 2024

RAKYATBOGOR.NET – Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat Ade Sutiawarman mengingatkan jajarannya agar menjaga netralitas menjelang pemilu 2024.

Hal itu ia sampaikan pada saat membuka kegiatan Monitoring Evaluasi Monitoring Dan Evaluasi Capaian Kinerja Dan Penyerapan Anggaran Triwulan III Tahun 2023 di Aula R. Soeprapto Lt. 8 Kantor Kejati Jabar pada Rabu, 27 September 2023.

Acara tersebut diikuti oleh para Asisten dan seluruh Kepala Kejaksaan Negeri di wilayah hukum Kejaksaan Tinggi Jawa Barat.

Di depan Kepala Kejaksaan Tinggi, Asisten dari tiap Bidang memaparkan kinerja dan penyerapan anggaran selama 9 bulan terakhir kemudian dilanjutkan dengan pemaparan dari 25 Kepala Kejaksaan Negeri.

Dalam acara tersebut Kajati berpesan, menjelang pemilihan umum serentak tahun 2024 Kejaksaan mempunyai peran yang cukup penting dalam pengamanan Pemilu 2024 diantaranya mengawal tahapan dan jadwal Pemilu Serentak 2024.

Baca juga:  Melalui Sembilan Bintang, Warga Cijeruk Somasi PT BSS

Selain itu mewaspadai potensi kerawanan sengketa tahapan Pemilu 2024 serta mengambil Peran dalam Penegak Hukum Terpadu (Gakkumdu) Kajati mengingatkan dalam perhelatan Pemilu 2024.

“Kejaksaan memiliki sikap yang tegas untuk berlaku netral, hal ini selaras dengan poin ketujuh Perintah Harian Jaksa Agung tahun 2023 untuk senantiasa menjaga netralitas personel dalam menyongsong pemilu serentak 2024,” kata Ade Sutiawarman.

Kajati juga mengingatkan bahwa kontestasi politik yang sudah di depan mata menjadi salah satu dari poin tugas pokok Kejaksaan terkait penegakan hukum.

Maka dari itu Kejati berharap kepada seluruh jajaran agar memiliki kepekaan dalam mengatasi politik di masyarakat seperti pada situasi dan kondisi saat ini yang memasuki tahun politik jelang Pemilu 2024 agar aman dan terkendali.(Zack)