Kasus COVID-19 Turun, Taman Publik Kota Bogor Dibuka

Taman Heulang

Kota Bogor – Seiring dengan menurunnya kasus virus corona (Covid-19) di Kota Bogor, pemerintah daerah setempat akan membuka taman-taman di wilayah publik, termasuk tempat olahraga seperti lapangan Heulang, lapangan Sempur, serta arena bermain lainnya.
“Akan segera dibuka (taman-taman publik), tempat olahraga semua. Kita akan sosialisasikan dan komunikasikan ke warga sekitar. Seperti Heulang, Sempur, dan lain-lain,” kata Bima, Senin (25/10/2021).

Diungkapkan Bima, saat ini kasus positif Covid-19 di Kota Bogor tinggal 18 orang. Begitu juga tingkat keterisian tempat tidur pasien Covid-19 yang sangat kecil.

“Jadi selama tidak ada lonjakan kasus, semua tetap berjalan normal. Jadi kasus sekarang tinggal 18 orang yang sakit kalau enggak salah. Kasus bertambahnya juga 1, 0, 1, 0 gitu ya. BOR-nya juga sangat kecil. Selama angka-angka ini belum menunjukkan tren naik maka semua berjalan seperti biasa,” ucapnya.

Di sisi lain, pertumbuhan ekonomi di Kota Bogor juga kian membaik. Bima mencontohkan tingkat hunian hotel sudah mencapai di atas 80 persen.

“Target kita adalah ekonomi recovery yang diiringi kesadaran prokes. Sekarang berjalan sudah baik, sudah seimbang. Jadi enggak mungkin kita melakukan pengetatan pembatasan ketika data-data baik. Ini kan data Covid-19-nya baik,” tutur Bima.

Seperti diketahui, Taman Sempur yang berada di Jalan Jalak Harupat, Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, sampai saat ini belum dibuka untuk umum. Pemerintah setempat belum membuka sepenuhnya sarana publik meski sudah memberlakukan PPKM Level 2.

Taman Sempur merupakan salah satu taman tematik di Kota Bogor yang ramai dikunjungi warga yang bersantai dan berolahraga. Sejak 1,5 tahun lalu, kawasan ikonik ini ditutup untuk umum karena pandemi Covid-19.

Baca juga:  Pemotor Tewas Terlindas Truk

Taman Sempur kini masih dipasangi pembatas sebagai penanda agar tidak ada warga yang beraktivitas di dalam area Taman Sempur. Petugas penjaga taman atau park ranger setiap hari bersiaga di sekitar Lapangan Sempur.

“Area lapangan belum dibuka. Belum ada instruksi apa-apa. Warga yang tanya-tanya juga banyak, katanya kapan Taman Sempur dibuka lagi. Mereka anggapnya kan sekarang sudah landai ya kasus positif (COVID-19) Kota Bogor. Kelihatannya memang belum dibuka,” kata salah satu petugas kebersihan.

Selain dijadikan sebagai sarana olahraga berlari karena memiliki jogging track, Taman Sempur juga biasa digunakan warga untuk bersantai dan bermain untuk anak-anak. Karena di kawasan Taman Sempur terdapat taman-taman pendukung lainnya seperti Taman Ekspresi, Taman Kaulinan, area papan seluncur, papan panjat tebing dan lapangan basket.

Taman Sempur berada persis di samping Sungai Ciliwung dan di seberang Kebun Raya Bogor. Pada akhir pekan, Lapangan Sempur juga digunakan warga untuk beristirahat dan sarapan pagi setelah berolahraga berkeliling pedestrian seputar Sistem Satu Arah (SSA) yang mengelilingi Kebun Raya Bogor dan Istana Bogor.

Aktivitas warga di kawasan Taman Sempur yang biasanya ramai di akhir pekan memberi dampak ekonomi untuk warga yang biasa berdagang di kawasan kuliner Lapangan Sempur.

Bima Arya mengatakan, taman publik seperti Taman Heulang dan Taman Sempur akan segera dibuka. Saat ini, masih proses persiapan termasuk sosialisasi ke warga.

“Taman publik akan segera dibuka, tempat olahraga semua dan kita akan sosialisasikan, dan akan dikomunikasikan juga ke warga semuanya, seperti (taman) Heulang, (taman) Sempur dan lainnya,” kata Bima usai mengecek perbaikan trotoar jalan Ir. H. Djuanda, Kota Bogor, Senin (25/10/2021). (gin)

Tags: , ,

error: Content is protected !!
Don`t copy text!