Kasus Positif Corona di Perumahan Bogor Terus Bertambah, Ini Kata Bima Arya

Kasus positif di perumahan Griya Melati Kota Bogor masih terus bertambah. Satgas COVID-19 Kota Bogor mencatat, ada 8 kasus positif COVID-19 tambahan pada Minggu (23/5/2021) malam. Sehingga total kasus positif COVID-19 di Perumahan Griya Melati Kota Bogor yang semula berjumlah 46 kini bertambah menjadi 58 kasus.
“Jadi, sampai hari ini tercatat ada 58 warga Griya Melati dinyatakan positif. Bertambah dari sebelumnya 46 orang, karena saya minta yang kemarin dites antigen agar kembali melakukan tes PCR,” kata Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto dikonfirmasi, Senin (24/5/2021).

Untuk kasus COVID-19 di Griya Melati, kata Bima, hasil tes antigen tidak menjamin apakah mereka yang dinyatakan negatif benar-benar bebas dari COVID-19. Sehingga perlu dilakukan tes lebih mendalam melalui PCR.

“Tes antigen itu tidak menjamin, bahkan sekarang pun kalau hasil PCR-nya negatif tetapi ada gejala klinis yang mengarah ke COVID, maka harus kita proses genome sequensinya, jangan-jangan ini sekuen baru,” kata Bima.

Bima mengaku sudah berkoordinasi langsung dengan Menteri Kesehatan terkait kasus COVID-19 di Griya Melati. Ia berharap tim Kemenkes terjun langsung dan melakukan penelitian untuk mengantisipasi jenis baru COVID-19. Karena menurut Bima, pola penyebaran di Griya Melati begitu cepat meluas dan jumlah orang yang terpapar terus bertambah.

Baca juga:  Edi Koswara Kunjungi Korban Bencana Banjir Bandang Leuwiliang-Pamijahan

“Melihat tingkat penyebarannya yang cepat dan banyak ya kita antisipasi ini tren baru (covid jenis baru). Saya sudah kontak-kontakan dengan Pak Menkes dan Pak Menkes akan kirim tim ke sini,” kata Bima.

Kasus sebaran COVID-19 di Griya Melati Bubulak, kata Bima, merupakan Kejadian Luar Biasa (KLB). Ia meminta semua satuan untuk terus fokus memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Griya Melati.

Terhadap 57 dari 58 yang dinyatakan positif, saat ini sudah dievakuasi ke gedung BPKP Ciawi Bogor yang kini menjadi ruang isolasi bagi pasien positif COVID-19 tanpa gejala.

“Untuk mereka yang sehat dan dinyatakan negatif tetap diminta untuk karantina atau tidak kemana-mana. Semua nanti di supply dan dibantu. Griya Melati ini saya nyatakan kejadian luar biasa (KLB) dan diberlakukan pembatasan aktivitas,” tegas Bima.

Kasus positif COVID-19 di Perumahan Griya Melati Kota Bogor terungkap pada Sabtu (15/5/2021) lalu. Saat itu, sebanyak 7 orang dari 2 keluarga dinyatakan positif COVID-19.

Dari hasil tracing kemudian terungkap bahwa kasus ini diduga bermula dari salah satu warga yang melakukan perjalanan keluar kota, dilanjutkan dengan kegiatan keagamaan di Griya Melati.

Tags: ,