Katar Cigombong Gandeng Milenial Jadi Petani 

Foto: Karang Taruna (Katar) Cigombong, Kabupaten Bogor.(HRB)

CIGOMBONG – Profesi petani yang kerap diidentikan dengan gaya hidup sederhana dan jauh dari kemewahan tentunya tak akan menjadi pilihan bagi kaum millennial. Karena umumnya kalangan tersebut pasti lebih memilih profesi lain yang lebih bergengsi, semisal pekerja kantoran atau jenis profesi lainnya. 

Namun anggapan tersebut sepertinya tidak berlaku bagi Karang Taruna (Katar) Cigombong, Kabupaten Bogor. Di sini para kaum milenial diarahkan untuk terlibat di Taman Teknologi Pertanian (TTP) Cigombong, sebuah wadah yang memberikan edukasi terkait pertanian modern.

“Insya Allah dalam waktu dekat kami akan berkoordinasi dengan pihak TTP untuk memberdayakan para pemuda atau kalangan milenial”ungkap Deni, Ketua Karang Taruna Kecamatan Cigombong, Senin (21/6/2021). 

Baca juga:  Universitas Pakuan Bogor Komitmen Dukung Program Pembangunan Desa LLDIKTI Wilayah IV

Menurut dia, anggapan bahwa bertani itu hanya dilakukan oleh kaum tua saja merupakan pandangan yang salah. 

“Tentunya perlu waktu agar imej itu bisa hilang, dan kaum muda mau menjalani profesi sebagai petani” katanya.

Deni juga berharap, TTP bisa membangkitkan geliat perekonomian serta menginspirasi masyarakat maupun untuk berwirausaha di bidang pertanian dan peternakan dengan menerapkan pola modern. 

“Karena TTP di desain sebagai kampung edukasi pertanian. Jadi diharapkan dapat menarik minat kaum muda untuk bergelut di usaha tersebut” tutup dia.(ASH)

 

Tags: ,