Katar Kabupaten Bogor Gelar Bimtek AD/ART

Foto : Karang Taruna (Katar) Kabupaten Bogor menggelar bimbingan teknis (bimtek).(hrb)

MEGAMENDUNG – Anggaran Dasar Anggaran Rumah tangga (AD/ART), menjadi pondasi dalam sebuah organisasi untuk mengikat kerjasama antar anggota dalam sebuah organisasi. 

Bertolak dari hal itu, Karang Taruna (Katar) Kabupaten Bogor menggelar bimbingan teknis (bimtek) untuk membahas hal yang berkaitan tentang pentingnya AD/ART.

Selain itu, digelarnya kegiatan juga mengacu pada AD/ART karang taruna tingkat nasional yang baru diberlakukan. 

“Dengan dikeluarkannya peraturan baru ini jatar diharapkan dapat terus berkarya. Apalagi hal ini sudah tertuang dalam aturan,” ungkap Irfan Darajat, Ketua Katar Kabupaten Bogor disela kegiatan yang digelar di salah satu hotel di kawasan Megamendung Bogor, Kamis (17/06/2021).

Ia menjelaskan, sebelumnya hanya Peraturan Menteri sosial ( Permensos) yang mengatur karang taruna. Namun kini AD/ART dibuat agar menunjukkan adanya tata kehidupan organisasi secara teratur dan jelas. 

Selain itu, AD/ART merupakan bentuk kesepakatan para anggota organisasi serta menjadi dasar penyusunan peraturan dan ketentuan-ketentuan lainnya yang diperlukan dalam pelaksanaan kegiatan organisasi.

Baca juga:  2023, Pemkab Lakukan Penataan Simpang Ciawi

“Salah satu point dalam peraturan tersebut pengurus karang taruna kini bisa mencapai usia 55 tahun yang sebelumnya hanya sampai 45 tahun” terangnya.

Ia pun berharap, peraturan baru tersebut bisa menjadi acuan kehadiran katar di tengah masyarakat benar-benar bisa dirasakan. 

Selain itu, sambung Irfan, tujuan lain digelarnya kegiatan juga sebagai upaya penguatan katar di bidang pemberdayaan seperti dalam bidang pertanian dan bisnis perikanan. 

Hal itu diharapkan dapat turut membantu pemerintah dalam upaya pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19. 

*Saat ini kami sudah memiliki berapa jenis usaha yang bergerak di bidang pertanian serta beberapa bidang usaha lainnya yang diharapkan dapat melahirkan para entrepreneur sukses,” tandasnya. (YUS)

 

Tags: ,