KCD Pendidikan Wilayah I Kabupaten Bogor Bentuk FORMASI

Bogor – Dalam rangka menyatukan wadah dari berbagai forum siswa tingkat sekolah lanjutan atas, Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah I Kabupaten Bogor membentuk Forum Mandala Siswa (Formasi) untuk pelajar SMA, SMK dan Sekolah Luar Biasa (SLB) di Kabupaten Bogor.

“Pembentukan Forum Mandala Siswa (Formasi) untuk pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejururan (SMK) dan Sekolah Luar Biasa (SLB) di Kabupaten Bogor adalah dalam rangka menyatukan wadah dari berbagai forum siswa tingkat sekolah lanjutan atas yang ada saat ini,” ujar Kepala KCD Pendidikan Wilayah I Kabupaten Bogor Drs. Dadang Sufyan Saifullah, MPd. di Bogor, Selasa (12/10/21).

Menurutnya, dengan adanya wadah ini diharapkan hal-hal yang sifatnya negatif, seperti tawuran, narkoba, kriminal dan sebangsanya dapat dihindari. Sebaliknya para siswa SMA, SMK dan SLB berkompetisi pada hal-hal yang bersifat positip sebagai promotor, edukator dan eksekutor dalam menumbuhkan kemampuan beradaptasi, kolaborasi, kreativitas dan mewujudkan sumber daya siswa yang memiliki daya saing era 4.0.

“Formasi merupakan forum untuk diskusi anak-anak siswa, kalau dulu ada FOJB,  Forum Sadar Hukum, Osis, Forum Purna Paskibra, pramuka, masing-masing jalurnya, akhirnya saya kolaborasikan menjadi sebuah Forum yang menggabungkan semua kegiatan-kegiatan siswa di sekolah menjadi satu wadah termasuk sekolah SLB dimasukan,” jelasnya.

Dadang ingin Forum ini menjadi tempat Brains Storming untuk berbagi pengalaman, wawasan, ilmu pengetahuan, Forum ini adalah kolaborasi dari berbagai kegiatan siswa yang selama ini berdiri masing-masing. Dengan adanya Formasi ini akan menjadi satu bagian yang tak terpisahkan lagi.

Sementara itu menurut Ketua Panitia pembentukan Formasi, M. Rofi Jamil, tujuan diadakan Forum Mandala Siswa (Formasi) adalah untuk lebih menyatukan dan mempererat pelajar yang ada di wilayah 1, karena selama ini sudah ada forum-forum pelajar tapi mereka berjalan di koridornya masing-masing.

Baca juga:  Peduli Korban Gempa Cianjur, Polsek Ciampea dan Pemdes Cibanteng Distribusikan Bantuan

Rofi berharap, Forum ini ke depanya dapat berkolaborasi lagi antara siswa satu dengan siswa yang lainnya, antara sekolah satu dengan sekolah yang lainnya, latar belakang pengalaman satu dengan pengalaman lainya bertukar pikiran yang menciptakan satu karya yang menjadi solusi bagi permasalahan yang ada  di lingkungan khususnya Wilayah 1.

Acara yang digelar  di  Zest Hotel Bogor tersebut di hadiri sekaligus membuka acara, Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah 1 Kabupaten Bogor, Drs. Dadang Sufyan Saifullah, MPd. Taufiq A, Iyum, Suheri, semuanya dari KCD Wil. 1, serta 50 siswa perwakilan dari masing-masing sekolah SMA, SMK dan SLB Wilayah 1 Kab. Bogor.

Tampil sebagai narasumber, Dika Ambya Rahman, mantan Paskibraka Nasional 2021 dari SMA I Cijeruk Kab Bogor, Ulla Nisrina Pakibaraka Provinsi Jawa Barat 2021 dari SMA I Klapa Nunggal, mantan Paskibra Propinsi, M. Raihan Firdaus, ketua Generasi ke 7 FKOB, Rifki Zidan Nugraha, ketua Generasi 8 FKOB, Viona Tri Apriliani.

Acara di akhiri dengan pemaparan visi dan misi masing-masing dari 3 kandidat ketua umum yaitu (Fahri Akbar S, Satria Ramadhan, Rizka Kemala Nazar) dihadapan panelis Luky Wakil Kepsek SMA Mega Mendung, Kartanto Wakil Kepsek dari SMA Ciomas dan dari KCD Wilayah 1. Terpilih sebagai Ketua Umum Formasi periode 2021-2022 Fahri Akbar Kuswanto siswa dari SMA Negeri 1 Ciomas. ahp/al

Tags: , , ,