Kebersihan Jangan Hanya Saat Lomba

Kota Bogor – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor, Deni Wismanto berharap kebersihan di lingkungan bukan dilakukan hanya saat ada lomba saja, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari.

Hal itu dikatakannya saat mengumumkan pemenang Bogorku Bersih di Graha Siliwangi Unpak, Selasa (16/11/2021). “Kita tidak ingin bahwa perubahan (kebersihan) itu instan hanya saat akan diberikan hadiah atau hanya pada saat ada acara,” tutur Deni dalam sambutannya.

Lebih lanjut, ia membeberkan, awal tahun penilaian Bogorku Bersih sudah dilaksanakan menjangkau lingkungan atau partisipan. Sejumlah relawan, maupun tim juri menilai secara sembunyi-sembunyi. Alasannya, agar masyarakat tidak sekadar menyambut Bogorku Bersih dalam waktu singkat.

“Ini bukan pekerjaan 1-2 bulan saja. Memang betul Bogorku Bersih puncaknya dilaksanakan bulan November. Tapi, pekerjaan itu sudah dimulai dari bulan Februari,” ungkapnya.

Baca juga:  Pungli di Desa Merajalela, Oknum RW Jadi Pengepul

Ia pun menganggap hasil yang telah dicapai para pemenang Bogorku Bersih menjadi perubahan besar bagi Kota Bogor. Bagaimana dalam lingkup terkecil bisa memberikan pengaruh. Jika diperluas, Kota Bogor pun akan bisa berubah ke depannya. “Terakhir-terakhir kita dengan adanya Bogorku Bersih bisa mendapatkan sertifikat adipura,” pungkasnya.

Deni meminta agar partisipan yang gagal tidak berkecil hati. Menurutnya, kegagalan itu seharusnya menjadi dorongan untuk berbuat lebih baik. Bisa jadi mereka mendapatkan hasil yang lebih maksimal pada tahun berikutnya. (fuz/*)

Tags: ,