Kejati Jabar Bersama Pertamina EP Zona 7 dan PHE ONWJ Jalin Kerjasama Bidang Hukum

RAKYATBOGORNET.COM – Bandung, 21 September 2023 – Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, bersama dengan PT. Pertamina EP Zona 7 dan Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ), melakukan penandatanganan nota kesepahaman bidang Hukum Perdata dan Tata Usaha Negara dalam sebuah acara yang digelar di Hotel Intercontinental Bandung pada Kamis, 21 September 2023.

Penandatanganan nota kesepahaman ini melibatkan sejumlah pihak penting, termasuk Kajati Jabar Ade Sutiawarman, S.H., M.H., Afwan Daroni selaku General Manager PT Pertamina EP Regional 2 Zona 7, dan Muhamad Arifin selaku General Manager PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) Regional 2 Zona 5.

Selain itu, Kejaksaan Negeri dari beberapa daerah juga turut serta dalam penandatanganan kesepakatan dengan PT. Pertamina EP di daerah masing-masing.

Dalam sambutannya, Kajati Jabar menekankan bahwa kerjasama ini merupakan kelanjutan dari Kesepakatan Bersama yang telah ada sejak tahun 2021 antara Kejaksaan Tinggi Jawa Barat dan PT Pertamina EP. Hal ini mencerminkan hubungan yang baik dan berkelanjutan antara kedua belah pihak.

Bagi PT. Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ), penandatanganan kesepakatan ini merupakan langkah pertama dan diharapkan dapat memberikan manfaat besar dalam mendukung penegakan hukum dan kewibawaan pemerintah.

Baca juga:  Presiden Jokowi : Hutan Mangrove Mampu Minimalisir Bencana Alam

Kajati Jabar juga menjelaskan berbagai bentuk kerjasama yang dapat dilakukan, termasuk peningkatan efektivitas penanganan masalah hukum dalam bidang perdata dan Tata Usaha Negara, bantuan hukum oleh Jaksa Pengacara Negara, pemberian pertimbangan hukum dalam bentuk Pendapat Hukum/Legal Opinion (LO), pendampingan hukum (Legal Assistance), dan melakukan legal audit.

Kerjasama ini bertujuan untuk memastikan bahwa PT. Pertamina EP dan PT. Pertamina Hulu Energi ONWJ dapat menjalankan tugas dan fungsi mereka secara optimal tanpa hambatan hukum.

Kajati berharap bahwa dengan penandatanganan kesepakatan ini, penegakan hukum dapat berjalan lebih ekonomis, efektif, dan efisien.

Acara ini juga dihadiri oleh sejumlah pejabat utama dari PT Pertamina EP dan PT Pertamina Hulu Energi ONWJ, serta para Kasi Datun dan Jaksa Pengacara Negara dari Kejaksaan Tinggi Jawa Barat.

Kesepakatan ini diharapkan dapat membawa manfaat besar bagi semua pihak yang terlibat dalam upaya penegakan hukum dan tata usaha negara.(Zack)