Kekeringan, Lahan Warga Terbakar

Leuwisadeng, HRB – Agar tidak menyebar ke area pemukiman warga, petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Sektor Leuwiliang menerjunkan dua unit mobil pemadam dengan 12 personil untuk memadamkan kobaran api yang membakar lahan milik warga di Kampung Babakan Bandung RT 07 RW 01, Desa Leuwisadeng, Kecamatan Leuwisadeng.

 

Dampak musim kekeringan berimbas ke kebakaran lahan, Petugas pemadam sempat kesulitan memadamkan api lantaran lahan kering dan sulitnya sumber air.

 

Menurut Anggota Damkar Sektor Leuwiliang, Refgie Raulian mengatakan bahwa kejadian itu terjadi sekitar pukul 13.00 WIB.

 

“Diduga penyebab kebakaran ada orang yang bakar sampah disekitar area lahannya,” ungkap Anggota Damkar Refgie Raullian ketika dikonfirmasi wartawan pada, Senin 4 September 2023.

 

Refgie Raulian mengatakan, ditambah cuaca panas dan kekeringan sehingga lahan mudah terbakar. Bahkan, ketika proses pemadaman juga sempat mengalami kesulitan mencari sumber air.

Baca juga:  Pendestrian Jalan Pedati Berbuntut Panjang, Ratusan Pedagang Bakal Geruduk Balaikota Bogor

 

“Luar area 300 meter kurang lebih, terbakar hanya lahannya saja ditakuti menyebar ke rumah warga dan lahan lain dengan kondisi kemarau,” katanya.

 

Refgie menambahkan area yang terbakar hanya lahan kosong dekat lapangan sepak bola tidak jauh di pemukiman warga.

 

“Upaya pemadaman cepat hanya sulit mencari sumber air saja, karena kondisi sedang kemarau,” kata Refgie.

 

Untuk itu, Refgie Raulian menghimbau masyarakat agar menghindari area yang mudah terbakar, dan hari-hari ini banyak kejadian lahan terbakar.

 

Menurut dia saat penanganan para petugas memadamkan dengan proses waktu kurang lebih 1,5 jam.

 

“Kita menerjunkan dua mobil pemadam unit 16 dan 28 armada sektor Leuwiliang dan dibantu 12 anggota damkar,” katanya. (Fex)