Kepala BKPSDM Tegaskan Rekrutmen PPPK Tak Dipungut Bayaran

Cibinong, HRB

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) kembali membuka pendaftaran formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada tahun 2023 ini.

Kepala BKPSDM Kabupaten Bogor, Irwan R Purnawan, mengungkapkan, hal itu berdasarkan ketentuan Badan Kepegawaian Negara (BKN). “Tahun 2023 ini dibuka formasi PPPK sebanyak 4.327 pegawai mulai dari tenaga pendidik, kesehatan dan tenaga teknis,” ungkapnya kepada wartawan, Kamis (31/8/2023).

Dari formasi tersebut, papar mantan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika ini, tenaga pendidik atau guru menjadi formasi yang terbanyak dibukanya pendaftaran PPPK dengan jumlah mencapai lebih dari 2 ribu pegawai.

Berdasarkan instruksi BKN, kata dia, pendaftaran PPPK akan segera dibuka pada tanggal 17 September mendatang. “Untuk tahapan seleksi mulai dari kompetensi dasar, wawancara dan sebagainya dilakukan oleh BKN dan diinformasikan melalui website resmi,” jelasnya.

Pihaknya menegaskan, tenaga honorer dapat mendaftarkan diri pada seleksi PPPK 2023 gratis tanpa dipungut biaya. Untuk itu, Irwan mengimbau agar mempersiapkan diri dan melengkapi persyaratan yang telah ditentukan. 

Baca juga:  Tim PWI Peduli Kemanusiaan Salurkan Bantuan ke Semeru

Sebagai informasi, Kabupaten Bogor dijatah 4.327 formasi PPPK 2023. Formasi tersebut untuk guru, tenaga kesehatan dan tenaga teknis lainnya. Beberapa syarat yang harus dipenuhi calon pelamar PPPK, salah satunya mereka pegawai honorer yang telah bekerja minimal dua tahun.

“Pendaftar harus menyiapkan bukti honorernya, baik itu tenaga fungsional guru, tenaga kesehatan maupun tenaga teknis. Jadi ini dibuka untuk yang honor semua. Maka itu, harus dibuktikan karena akan diverifikasi,” jelas Irwan.

Sementara dokumen lain, seperti ijazah, KTP bersifat normatif. Irwan menegaskan, jika mendapati calon pegawai memalsukan berkas persyaratan, maka akan langsung diberhentikan. “Misalnya, ada yang membuat ijazah palsu, SK palsu, meski sudah diangkat, langsung diberhentikan,” tegasnya.

Proses penerimaan PPPK 2023 ini akan dilakukan secara online dan dapat diakses melalui lama sscasn.bkn.go.id yang rencananya dimulai 17 September-3 Oktober 2023 dan akan diumumkan pada 10-13 Oktober 2023. (Cky)