Kirab Merah Putih Sepanjang 1001 Meter Menorehkan Sejarah Baru di Bali

RAKYATBOGOR.NET – Pulau Dewata, Bali, diramaikan oleh Kirab Merah Putih ke-18 pada Minggu 12 November 2023, yang telah menorehkan sejarah baru di Pulau Dewata, Bali.

Dimulai dari GOR Ngurah Rai dan berakhir di Lapangan Puputan Badung, kirab ini menampilkan Bendera Merah Putih sepanjang 1001 meter x 1,01 meter, yang melibatkan 10 ribu orang dari berbagai lapisan masyarakat, termasuk siswa/i SMU.

Kirab yang dimulai dengan pelepasan oleh Ketua DPRD Bali Adi Wiryatama dan Anggota DPD RI Dr. Made Mangku Pastika.

Pj. Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Badan Kesbangpol Bali Ngurah Wiryanata menekankan nilai-nilai nasionalisme, kebersamaan, dan semangat kekeluargaan yang terus berkobar di Indonesia.

“Dalam konteks Kirab Merah Putih kali ini, kita bersepakat akan terus gelorakan semangat kebangsaan dan patriotisme, kita implementasikan nilai-nilai cinta tanah air, persatuan dan kesatuan, gotong-royong dan semangat kekeluargaan serta nilai-nilai Pancasila,” ujarnya.

Kirab ini menjadi ekspresi semangat kebangsaan dan patriotisme, dengan Bendera Merah Putih sebagai simbol entitas dan identitas nasional.

Pj. Gubernur berharap keberhasilan Kirab Merah Putih ini dapat menginspirasi kebersamaan untuk mensukseskan Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024.

Baca juga:  Timnas U-17 Tumbangkan SC Padeborn Youth Lewat Gol Tunggal Nabil Asyura

Pada kesempatan ini, Pj. Gubernur juga mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama menjaga kerukunan toleransi beragama dan melaksanakan pemilukada yang bersih dan bebas dari tekanan serta polarisasi.

Ketua Panitia, Gusti Kade Sutawa, melaporkan bahwa kirab ini melibatkan ribuan siswa, TNI-Polri, tokoh masyarakat, dan berbagai komunitas,

“Kirab yang baru pertama digelar di Bali ini selain diikuti ribuan siswa juga dari TNI-Polri dan berbagai komponen di antaranya tokoh masyarakat, adat serta berbagai komunitas. Ini kirab terpanjang yang mencapai 1.708 meter,” kata Gusti Sutawa.

sementara Ketua KMP (Kirab Merah Putih) Harmoni Nusantara Bangkit R.A. Endang Nanik Purwati, berharap kegiatan ini memperkuat pemahaman kebangsaan dan cinta Tanah Air di kalangan generasi muda.

Kirab merah putih ini juga diisi dengan orasi kebangsaan oleh Pangeran Batem Sukadis yang membakar semangat dan pemberian penghargaan kepada sejumlah tokoh dan media.

Kirab Merah Putih ke-18 di Bali tidak hanya menjadi perayaan Hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan Tahun 2023, tetapi juga momentum bersejarah yang menciptakan kesadaran kolektif untuk membangun bangsa yang adil, transparan, aman, damai, jujur, dan maju.(Zack)

Tags: ,