Kota Bogor Kembali Raih Penghargaan Kota Layak Anak

Penghargaan Kota Layak AnakPenghargaan Kota Layak Anak
Bogor Tengah, HRB
Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor kembali meraih piagam penghargaan Kota Layak Anak (KLA) Predikat Nindya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) di Malam Penganugerahan KLA 2023 di Hotel Padma Semarang, Kota Semarang pada Sabtu, 22 Juli 2023 lalu.
Penghargaan KLA ini diberikan Menteri PPPA, Bintang Puspayoga kepada Wali Kota Bogor, Bima Arya.
Bintang Puspayoga mengatakan, pemberian penghargaan KLA kabupaten/kota yang dilakukan saat ini terasa begitu istimewa. Hal ini terlihat dari antusiasnya pemerintah daerah mewujudkan pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak. Keberhasilan ini sebagai langkah awal untuk melahirkan inovasi yang berkelanjutan dan dapat dirasakan seluruh anak Indonesia.
“Dalam melakukan evaluasi pelaksanaan kabupaten/kota KLA  berbagai indikator telah dicermati, dipantau dan dianalisis guna melihat kemajuan yang telah dicapai dalam upaya pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak yang berpedoman pada Perpres Nomor 25 tahun 2021 tentang kebijakan kabupaten/kota KLA,” ujarnya.
Ia menerangkan, dalam menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak untuk mencapai kabupaten/kota KLA tentu tidak bisa dilakukan hanya satu perangkat daerah saja, namun keterlibatan semua pihak termasuk mendengar pandangan dan aspirasi anak.
Pihaknya menyadari tidak mudah mewujudkan kabupaten/kota KLA karena selain dibutuhkan komitmen kuat dari pemimpin daerah juga dibutuhkan koordinasi dan pengintegrasian semua program anak, mulai dari legislatif, media, dan juga keluarga.
“Di tahun ini ada kenaikan predikat utama dari sebelumnya hanya delapan kabupaten/kota menjadi 19 kabupaten/kota. 19 kabupaten/kota ini memiliki bobot nilai yang berbeda-beda. Pada penilaian tahun ini, belum ada kabupaten/kota yang meraih kategori KLA. Ia berharap kabupaten/kota yang sudah meraih kategori utama berturut-turut agar di tahun depan bisa meraih KLA dan bisa ‘pecah telur’,” katanya.
Di tempat yang sama, Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan, Kota Bogor meraih penghargaan Kota Layak Anak 2023 predikat Nindya. Tentu masih banyak PR untuk bisa konsisten penuhi dan lindungi hak anak-anak di Kota Bogor. Perbaikan ruang publik, fasilitas pendidikan, kesehatan dan kebijakan    yang berpihak pada anak harus lanjut terus siapapun wali kota-nya.
“Terima kasih Kementerian PPPA atas apresiasinya. Penghargaan ini untuk seluruh anak dan keluarga di Kota Bogor.  Selamat memperingati Hari Anak Nasional 2023. Anak Terlindungi, Indonesia Maju,” katanya. (Ozi)
Baca juga:  Bima Arya Bentuk Tim Khusus, Siswa Domisili Palsu Bakal Didiskualifikasi, Polisi Turun Tangan Dalami Kasus PPDB Kota Bogor