Luncurkan Podcast, Desa Bantarsari Siap Jadi Smart Village Yang Melek Tekhnologi

Rancabungur – Di zaman digitalisasi seperti saat ini, informasi baik dari tingkat pusat dan daerah sangat penting untuk diketahui oleh masyarakat, hal ini menginisiasi Kades Bantarsari, Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor untuk membuat terobosan baru dengan meluncurkan podcast desa.

Bupati Bogor Ade Yasin saat kunjungan kerja ke Desa Bantarsari beberapa waktu lalu mengatakan, tadi saya sudah melihat dan podcast di kantor Desa Bantarsari. Menurutnya mungkin ini satu-satunya desa yang memliki podcast. Diera digitalisasi dirinya menyiapkan smart vilage, yang melek tekhnologi dan dari Diskominfo juga ada program Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

“Inilah salah satu contoh, dan akan jadi pylot projeknya di Desa Bantarsari, langkah yang smart yang dilakukan Pak Kades. Beliau memberikan informasi vaksinasi melalaui podcast. Memang untuk menjaring anak muda yang saat ini sedang hits lewat podcast. Tentunya keberadaan podcast di desa ini bisa memberikan informasi kepada semua warga, dan harus diacungi jempol,” ujar Ade Yasin kepada wartawan.

Sementara Kepala Desa Bantarsari Lukmanul Hakim menjelaskan peluncuran Podcast Desa. Dirinya mengatakan di era digital, era milenial, podcast ini lahir dari pikiran-pikiran, yang bisa memfasilitasi keinginan masyarakat terutama mereka yang senantiasa, di era digital itu semua orang memegang smartphone. Sehingga dirinya bisa mengkomunikasikan lewat podcast itu.

Baca juga:  Kalah Telak 0-4, Pelatih Persikabo 1973 Akui Ketangguhan Bhayangkara FC 

“Dan warga akan membuka smart phonenya untuk mengetahui informasi tentang desa, memudahkan masyarakat untuk mengetahui informasi apapun tentang desa. Dan kami meluncurkan podcast ini untuk mengedukasi warga. Bahwa desa itu adalah perwujudan dari kepenjangan tangan masyarakat, untuk memberikan informasi yang baik,” jelas Lukman.

Masih kata Lukmanul Hakim. Keberadaan podcast sangat terasa saat sosialisasi vaksinasi. Dan menurutnya Alhamdulillah sangat membantu dalam memberikan informasi. Manfaat vaksin, jadwal vaksin, dan lainya. Dan membuat masyarakat sangat antusias divaksin.

“Kita sudah ada list narasumber untuk podcast, dan mudah-mudahan kita bisa mengundang narasumber yang berkompeten dibidangnya, tidak menutup kemungkinan kita akan undang mentri, seperti Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kepala Badan Pariwisata Kreatif Bapak Sandiaga Uni,” tutupnya. (Yon)