Masuk 3 Besar Provinsi, Desa Gunungputri Bersiap ke Lomba Nasional

Desa GunungputriDesa Gunungputri, Kecamatan Gunungputri, dinyatakan masuk tiga besar Lomba Desa se-Jawa Barat tahun 2022, Rabu (22/6/2022).(foto: kominfo/hrb)

GUNUNGPUTRI, HRB – Tim Penilaian Lomba Desa dari Provinsi Jawa Barat melakukan Klarifikasi Lapangan ke Desa Gunungputri, Kecamatan Gunungputri, yang sebelumnya dinyatakan masuk tiga besar Lomba Desa se-Jawa Barat tahun 2022, Rabu (22/6/2022).

Tim penilai ingin memastikan apa yang sudah dilakukan oleh Jajaran Desa Gunungputri bisa menambah bobot penilaian lomba.

Perlu diketahui bahwa Desa Gunungputri untuk tahun 2022 telah mendapat penilaian sebagai desa terbaik oleh Tim Perlombaan Desa Tingkat Kabupaten Bogor berdasarkan Keputusan Bupati Bogor Nomor 147/177/Kpts/Per-Uu/2022 Tanggal 3 Juni 2022, dan dipercaya untuk mewakili Kabupaten Bogor dalam perlombaan desa di tingkat Provinsi Jawa Barat.

Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Bogor berupaya keras untuk mendorong desa membangun melalui berbagai program, seperti Program Satu Milyar Satu Desa (SAMISADE), Program Desa Presisi, Sekolah Pemerintahan Desa, Festival Desa Wisata, Pemasangan Free Wifi di 240 Blank Spot dan lain sebagainya.

“Hari ini kami mengawal dan menyambut tim penilai dari Provinsi Jabar, kehadiran kami ini, ingin membuktikan bahwa Pemkab Bogor senantiasa mendukung penuh Kades Gunungputri, Camat Gunungputri dan seluruh masyarakat Gunungputri. Apa yang sudah dilakukan untuk membuat Desa Gunungputri terbaik tentu terus kami kawal dan dukung,” terang Iwan.

Dalam kurun waktu dua tahun Desa Gunungputri telah berhasil membuat lompatan pesat dari desa berkembang langsung menjadi desa mandiri, dan mampu mendorong kebangkitan sektor ekonomi masyarakat sehingga tumbuh, baik di sektor industri kerajinan rumah tangga maupun sektor pertanian.

Tidak hanya itu, tingkat kesadaran masyarakat Desa Gunung Putri dalam bidang kesehatan dan pendidikan juga sudah di atas rata-rata desa lain di Kabupaten Bogor.

Dampak dari kondisi tingkat ekonomi yang baik serta didukung oleh kesadaran terhadap kesehatan dan pendidikan yang baik, menghasilkan tingkat ketentraman dan ketertiban warga Desa juga menjadi baik.

Baca juga:  Harga Minyak Goreng Melangit, Pedagang Mengeluh

Dari seluruh desa peserta perlombaan desa tingkat Kabupaten Bogor tahun 2022, Desa Gunungputri telah mampu membuktikan ketertiban administrasinya, baik bidang pemerintahan maupun bidang pembangunan dan kemasyarakatan serta kegiatan-kegiatan Tim Penggerak PKK.

“Saya lihat karakter dari pemimpinnya, dalam hal ini Kades sangat luar biasa, bisa merubah mindset kebiasaan masyarakat ke hal yang lebih baik, dan itu bisa ia buktikan. Bisa merubah dengan singkat dalam waktu dua tahun baik teknologinya, jiwa wirausahanya, kerajinannya, PKK-nya dan bisa menggerakkan masyarakat untuk mendukung program inovasi yang dilakukan,” tandasnya.

Selanjutnya Ketua Tim Penilai Provinsi Jawa Barat, Bayu Rakhmana menyatakan, ada tiga desa yang berhasil lolos yakni Desa Raharja Kota Banjar, Desa Gunungputri, dan Desa Cibiru Wetan Kabupaten Bandung. Klarifikasi Lapangan pertama telah dilakukan ke Desa Banjar, hari kedua ke Desa Gunungputri dan terakhir di Desa Cibiru Wetan.

“Hari ini kami lakukan klarifikasi, untuk memastikan apa yang sudah dipaparkan Kades Gunungputri itu bisa ditunjukkan dengan sebenar-benarnya, Semoga apa yang disampaikan Kades Gunungputri dan Plt. Bupati Bogor hari ini, kita bisa menentukan juara untuk bisa mewakili dari Jawa Barat maju ke tingkat Nasional,” terang Bayu.

Ditempat yang sama, Kades Gunung Putri Daman Huri menambahkan bahwa dirinya selalu mengedepankan kekompakkan, keguyuban, dan solidaritas dari seluruh warga masyarakat Desa Gunungputri, dalam menyukseskan berbagai program inovatif di Desa Gunung Putri.

Beberapa program unggulan dan inovatif sudah disampaikan secara detail kepada tim penilai lomba desa dari Provinsi Jawa Barat. Sekarang akan dilakukan Klarifikasi Lapangan, mudah-mudahan Desa Gunung Putri bisa menjadi juara dalam Lomba Desa tingkat Provinsi Jawa Barat. (ASB/**)

Tags: