Masuk IDM Tertinggi Di Indonesia, Desa Pondok Udik Kemang Diapresiasi

KEMANG.HRB

Atas keberhasilannya menjadi 10 desa di Indonesia dengan Indeks Desa Membangun (IDM) tertinggi. Desa Pondok Udik Kecamatan Kemang, Diapresiasi.

Apresiasi tersebut diberikan Bupati Bogor Ade Yasin pada peluncuran Program Sekolah Pemerintahan Desa dan Desa Presisi, sekaligus penganugerahan pemenang lomba video profil desa, di Auditorium Setda Kabupaten Bogor, Senin (13/9/2021).

Hadir secara langsung pada acara tersebut Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor M. Romli, Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor dan unsur Forkopimda. Sementara, Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Bogor mengikuti acara tersebut secara virtual.

“Sangat membanggakan, tahun ini Desa Pondok Udik, Kecamatan Kemang, masuk dalam 10 desa di Indonesia dengan Indeks Desa Membangun (IDM) tertinggi pada Direktorat Jenderal Pembangunan Desa Dan Perdesaan Kemendes, PDT dan Transmigrasi RI, tepatnya di urutan ke-8 dengan nilai IDM 0,9778 dan persentase pertumbuhan +0,39 %,” ungkap Ade Yasin.

Ade Yasin menjelaskan, program Samisade dapat mendorong pemulihan ekonomi sekaligus mempercepat pencapaian Sustainable Development Goals (SDG’s) Desa. Program Samisade dengan pola padat karya diharapkan dapat membawa dampak penyerapan tenaga kerja dan menggerakkan sektor riil di akar rumput dan menciptakan multiflier effect yang mendorong pemulihan ekonomi sekaligus mempercepat pencapaian SDG’s Desa.

Baca juga:  Kungker Jokowi Ke Banten, Dirangkai Upacara Jarmat di Lanud ATS Kemang

“Samisade tak hanya mengentaskan desa tertinggal, tapi juga mendorong desa dari status berkembang menjadi maju. Mengentaskan desa tertinggal memang menjadi salah satu target di tahun 2021. Sejak awal menjabat pada tahun 2018 hingga akhir tahun 2021 kita berhasil menaikkan status 45 desa tertinggal menjadi desa berkembang dan desa maju,” tandas Ade.

Selanjutnya, kata Ade Yasin, berdasarkan Indeks Desa Membangun (IDM) Kabupaten Bogor tahun 2021 yang ditetapkan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Republik Indonesia, terdapat desa mandiri sebanyak 48 desa, desa maju sebanyak 188 desa, desa berkembang sebanyak 180 desa dan 0 (nol) desa tertinggal. (HRB)

Tags: , ,